Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (Foto:MI/Mohamad Irfan)
Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (Foto:MI/Mohamad Irfan)

Komisi XI: Caleg Gagal Tak Dilarang Daftar Jadi Calon Anggota BPK

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 04 Juli 2019 13:57
Jakarta: Komisi XI DPR RI tidak mempermasalahkan jika calon legislatif (caleg) Pemilu 2019 yang gagal, ikut dalam bursa pemilihan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2019-2024.
 
Sebab, tidak ada aturan yang melarang calon berlatar belakang politik untuk mendaftar sebagai calon anggota BPK.
 
"Kalau di DPR tidak masuk (lolos), bisa saja mendaftar di BPK," kata Anggota Komisi XI DPR Hendrawan Supratikno di Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 4 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus PDI Perjuangan itu tidak khawatir dengan anggapan adanya konflik kepentingan. Dia meyakini, mereka akan profesional jika terpilih sebagai anggota BPK.
 
Hendrawan menyebutkan, anggota BPK berlatar belakang politik bukan hal baru. Sebelumnya ada Rizal Djalil, Achsanul Qosasi, dan Harry Azhar Azis.
 
"Terus apa masalahnya? Yang penting kompetensinya cocok dengan tuntutan pekerjaan," ucapnya.
 
Hal senada juga disampaikan oleh Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun. Dia menegaskan, tidak ada aturan yang melarang bahwa kader partai politik atau caleg yang tidak lolos, dilarang maju dalam pemilihan anggota BPK.
 
"Definisi caleg gagal bukan hambatan bagi mereka untuk menjadi anggota BPK karena ketentuan dalam aturannya sendiri tidak ada kualifikasi apa pun," kata Misbakhun.
 
Politikus Golkar itu meminta agar polemik tersebut tidak perlu dibesar-besarkan. "Jangan terlalu dibesarkan dan kemudian sepertinya alergi seakan-seakan politisi itu tidak bisa menempuh jalur profesional di luar kepartaian," ujar Misbakhun.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif