Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Pengusung Khilafah Ditantang Bicara di DPR

Nasional pancasila
Damar Iradat • 03 Desember 2019 18:13
Jakarta: Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri menantang pengusung khilafah mendatangi DPR. Mereka diminta menjelaskan langsung konsep sistem pemerintahan itu secara terbuka kepada anggota Dewan.
 
Ketua Umum (Ketum) Partai PDI Perjuangan itu membuka pintu fraksinya di DPR kepada mereka pendukung khilafah untuk berdiskusi. Ia juga mengajak Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto membuka fraksikepada kelompok tersebut..
 
"Bagi mereka yang sangat berkeinginan untuk mendirikan yang namanya khilafah, boleh ke DPR. Kami dengarkan itu. Opo toh karepe (Apa sih maunya)?" kata Megawati dalam sambutan di Presidential Lecture Internalisasi dan Pembumian Pancasila di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 3 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Megawati menyinggung sistem khilafah. Ia mempertanyakan siapa sosok yang nantinya memimpin Indonesia dengan sistem khilafah.
 
"Kalau saya baca-baca soal khilafah itu adalah , seperti nation tanpa border. Lalu bagaimana ya memilih khalifahnya?" ucap dia.
 
Di sisi lain, Megawati menekankan pentingnya memiliki ideologi Pancasila. Namun, ia menyadari nilai-nilai Pancasila kerap disalahartikan.
 
"Ideologi Pancasila itu yang sebenarnya sudah ada di dalam sanubari kita, tapi karena perjalanan waktu Pancasila itu dapat dikatakan dibelak-belokkan," ujar Megawati.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif