Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Ma'ruf Nilai Kabinet Indonesia Maju Simbol Kerukunan

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf
Faisal Abdalla • 26 Oktober 2019 21:37
Jakarta: Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut komposisi Kabinet Indonesia Maju menggambarkan kerukunan di kalangan elite politik. Masyarakat diharapkan mencontoh para elite yang sudah rukun.
 
"Pak Jokowi mengumumkan kabinet yang mengakomodasi banyak pihak, termasuk lawan politik. Di tingkat elite kerukunan sudah terbangun," kata Ma'ruf di Kompleks Media Group, Kedoya, Jakarta, Sabtu 26 Oktober 2019.
 
Ma'ruf menyebut kerukunan menteri di Kabinet Indonesia Maju begitu terasa. Tak ada lagi sekat antara para menteri meski mereka berasal dari berbagai latar belakang, baik secara profesi maupun partai politik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ma'ruf berharap masyarakat ikut mencontoh sikap para elite yang sudah rukun. Dia percaya jika kalangan elite politik rukun, maka akan menular ke masyarakat.
 
"Seluruh masyarakat terutama pemimpin-pemimpinya, tokoh-tokohnya, baik tokoh politik maupun agama, kalau kerukukunan dimulai dari pemimpinya, akar rumputnya akan ikut," ujarnya.
 
Kabinet Indonesia Maju berisikan 34 menteri, empat pejabat setingkat menteri, dan 12 wakil menteri. Para menteri dilantik Rabu, 23 Oktober 2019. Sementara, para wakil menteri dikukuhkan Jumat, 25 Oktober 2019. Kabinet pun berisikan beragam latar belakang.
 
Dari kalangan profesional contohnya, eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Bekas CEO Gojek Nadiem Makarim dipilih menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).
 
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang menjadi lawan Jokowi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 juga diajak masuk kabinet dengan menjadi Menteri Pertahanan (Menhan).
 

 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif