Partai Gerindra. Ilustrasi Medcom.id/Rakhmat Riyandi
Partai Gerindra. Ilustrasi Medcom.id/Rakhmat Riyandi

Sikap Politik Gerindra Diputuskan di Rakernas

Nasional partai gerindra
Candra Yuri Nuralam • 14 Juli 2019 10:27
Jakarta: Wakil Sekretaris Jendral Partai Gerindra Andre Rosiade menyebut partainya belum memutuskan sikap politik setelah pertemuan Joko Widodo-Prabowo Subianto. Sikap politik Gerindra bakal diputuskan dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas).
 
"Keputusan resmi Partai Gerindra belum ada. Kita kan butuh Rakernas, nanti Pak Prabowo yang akan sampaikan keputusannya bagaimana," kata Andre kepada Medcom.id, Minggu, 14 Juli 2019.
 
Andre mengatakan publik boleh menafsirkan apa pun terkait pertemuan Jokowi-Prabowo. Publik juga berhak membaca secara subjektif langkah politik Gerindra.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yang jelas, kata dia, Prabowo sudah mengatakan Gerindra siap membantu dari dalam pemerintahan. Gerindra juga siap menjadi oposisi yang mengawasi pemerintah lima tahun mendatang.
 
"Keputusan pimpinan belum ada. Yang jelas siap membantu demi kepentingan rakyat dan akan sesekali mengkritik untuk check and balance," ujarnya.
 
Baca: Prabowo Isyaratkan Bertahan sebagai Oposisi
 
Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengisyaratkan tetap berada di luar pemerintahan. Prabowo dan Partai Gerindra siap menjadi penyeimbang pemerintah atau oposisi.
 
"Oposisi juga siap, check and balancesiap," kata Prabowo usai bertemu Jokowi di mal FX Senayan, Jakarta, Sabtu, 13 Juli 2019.
 
Menurut Prabowo, ada hal yang lebih penting ketimbang persoalan koalisi atau oposisi. Indonesia, kata dia, harus menjadi negara kuat dan kembali bersatu. "Yang penting negara kita kuat. Kita bersatu," ucap dia.
 
Isyarat tetap berada di kubu oposisi juga sempat disampaikan Prabowo saat turun dari MRT bersama Jokowi. Prabowo mengatakan pihaknya siap membantu pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.
 
"Kami juga sekali-kali siap mengkritik juga. Demokrasi butuh check and balance," kata Prabowo.
 
Baca: Pesan WA untuk Prabowo
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif