Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A

Jokowi Instruksikan Daya Ungkit Ekonomi Desa Diperkuat

Nasional jokowi desa tertinggal dana desa
Nur Azizah • 24 September 2020 12:33
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengintruksikan jajarannya memperkuat daya ungkit desa. Caranya dengan mengembangkan potensi desa dan menjalankan program padat karya tunai.
 
"Setiap desa perlu mengembangkan potensi desanya, potensi lokalnya, baik yang berkaitan dengan pertanian maupun wisata desa," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 24 September 2020.
 
Jokowi mengingat kementerian tak melulu bersikap top down dalam menjalankan program. Ia ingin program tersebut melibatkan warga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jangan semuanya dilakukan secara top down, diberikan ruang partisipasi, ruang kreasi warga desa untuk mengembangkan potensi lokalnya," ujar dia.
 
Baca: Jokowi Sentil Kementerian Agar Tak Jalan Sendiri
 
Kepala Negara bersedia memfasilitasi desa yang memiliki potensi untuk bisa dikembangkan. Fasilitas tersebut bisa berupa pelatihan hingga modal.
 
"Saya kira kalau perkembangannya keliatan, ini yang harus difasilitasi, diberikan akses ke permodalan, teknologi, maupun di sisi skill atau keterampilan, dan juga didorong kerja sama antar desa agar bisa masuk ke suplai chance yang lebih luas, sehingga pelaku usaha di desa bisa up skilling, bisa naik kelas, saya rasa itu," kata Jokowi.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif