Ketua Fraksi NasDem Ahmad Ali. Foto: Medcom/Ilham Pratama Putra.
Ketua Fraksi NasDem Ahmad Ali. Foto: Medcom/Ilham Pratama Putra.

NasDem Usul 15% APBN 2020 untuk Penanganan Korona

Nasional Partai NasDem Virus Korona
Fachri Audhia Hafiez • 30 Maret 2020 14:15
Jakarta: Fraksi Partai NasDem mendesak agar dilakukan realokasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020 sebesar 15 persen. Realokasi APBN ini ditujukan guna mengatasi wabah virus korona (covid-19) beserta dampak yang akan ditimbulkan.
 
"Ini angka minimal jika kita ingin benar-benar serius mengatas wabah ini," kata Ketua Fraksi Partai NasDem Ahmad M Ali di Jakarta, Senin, 30 Maret 2020.
 
Ali mengatakan, guna merealisasikan hal tersebut, Fraksi NasDem meminta Presiden Joko Widodo segera mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perppu) untuk melakukan perubahan atas APBN 2020. Dia menilai realokasi anggaran tidak akan optimal jika hanya mengandalkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Butuh anggaran lebih besar jika kita ingin benar-benar serius untuk mengatasi wabah ini," ujar Ali.
 
Usulan ini berkaca dari sejumlah negara yang telah menggelontorkan dana hingga ribuan triliun untuk menangani virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok itu. Ali mengatakan Amerika Serikat telah menggelontorkan dana senilai Rp32 ribu triliun, sedangkan Malaysia hampir senilai Rp1.000 triliun.
 
"Bahkan Singapura, negara yang tidak lebih besar dari Kota Jakarta, telah mengalokasikan tidak kurang dari Rp505 triliun guna mengatasi wabah covid-19 beserta dampak-dampaknya," beber Ali.
 
Baca:Donasi 50 Persen Gaji Legislator Terinspirasi Surya Paloh
 
Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem ini menjelaskan penanganan covid-19 di Indonesia kini dipacu waktu karena korban terus berjatuhan. Rasio kematian akibat korona di Indonesia juga cukup tinggi untuk kawasan Asia.
 
"Inilah saatnya pimpinan DPR untuk mendesak pemerintah melakukan langkah-langkah cepat, tegas, dan terukur dengan tingkat koordinasi yang lebih baik lagi dalam kerja penanggulangan wabah covid-19 ini," kata Ali.
 
Usulan relokasi APBN 15 persen ini secara resmi disampaikan Fraksi NasDem dalam rapat paripurna pembuka masa persidangan ketiga, hari ini. Usulan lain yang disampaikan yaitu mengenai pemotongan 50 persen gaji anggota dewan untuk membantu penanganan korona.
 
NasDem usul pemotongan dilakukan mulai April 2020. Mekanisme dan pengelolaan potongan diserahkan kepada Sekrerariat Jenderal DPR untuk mengatur dan mengalokasikannya.
 
NasDem juga meminta pimpinan DPR membacakan sejauh mana hasil pembahasan omnibus law, baik itu Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja, serta RUU Perpajakan dan Perekonomian.
 

(AGA)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif