NEWSTICKER
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas. Antara/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas. Antara/Sigid Kurniawan

Jokowi Jamin Anggaran Penanganan Covid-19 Memadai

Nasional Virus Korona
Theofilus Ifan Sucipto • 15 Maret 2020 14:37
Jakarta: Presiden Joko Widodo memastikan anggaran penanganan virus korona (covid-19) memadai. Jokowi telah menginstruksikan Kementerian Keuangan untuk menyiapkan anggaran dan stimulan yang dibutukan.
 
“Kementerian Keuangan sudah pedomankan untuk menyediakan anggaran yang diperlukan untuk penanganan covid-19,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu 15 Maret 2020.
 
Jokowi menyebut hal itu mengacu pada Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. UU tersebut, kata dia, memungkinkan pemerintah memprioritaskan anggaran secara cepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Negara mengatakan penyediaan anggaran itu salah satu upaya mengantisipasi dampak covid-19. Apalagi, terang Jokowi, covid-19 sudah memperlambat perekonomian dunia secara masif, salah satunya Indonesia.
 
Baca: Pemerintah Diminta Buat Anggaran Khusus Penanganan Korona
 
Sementara itu, Jokowi memastikan stok bahan kebutuhan pokok terjaga. Dia meminta masyarakat tetap tenang namun terus waspada.
 
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengapresiasi upaya pemerintah Indonesia mencegah penyebaran virus korona. Namun, Ghebreyesus menyarankan Indonesia menerapkan status darurat nasional.
 
Ghebreyesus menuturkan untuk melawan virus korona setiap negara harus mengambil pendekatan yang didesain untuk memperlemah virus korona.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif