Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Survei: Mayoritas Masyarakat Setuju PSBB

Nasional Virus Korona PSBB
Sri Yanti Nainggolan • 23 Mei 2020 15:16
Jakarta: Lembaga kajian Roda Tiga Konsultan menemukan sebagian besar masyarakat setuju dengan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kebijakan beraktivitas di rumah juga mendapat dukungan.
 
Masyarakat yang setuju penerapan PSBB sebagai langkah yang tepat sebanyak 51,4 persen, dan 35,5 persen masyarakat menilai PSBB kurang tepat. Kemudian, sebanyak 9,9 persen masyarakat menganggap PSBB tak perlu.
 
"(Sebanyak) 35,5 persen mengatakan kebijakan PSBB masih kurang tegas, aspirasinya mengarah kepada kebijakan dan atau karantina wilayah," ujar Direktur Eksekutif Roda Tiga Konsultan M. Kahfi Siregar, dalam keterangan resminya, Sabtu, 23 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 37 Orang Terjaring Razia PSBB di Pasar Jiung
 
Kahfi menyebut mayoritas masyarakat juga setuju dengan larangan mudik, yaitu sebanyak 82,7 persen. Bahkan, 16,6 persen masyarakat sangat setuju. Masyarakat yang tidak setuju dengan kebijakan itu hanya 15 persen.
 
Sebanyak 66,5 persen masyarakat juga setuju dengan kebijakan larangan beribadah berjemaah, seperti Salat Jumat, kebaktian, atau Salat Tarawih.
 
"Namun, hampir sepertiga responden yang menjawab tidak setuju dan sangat tidak setuju (31,5 persen)," ujar dia.
 
Kahfi mengatakan para responden juga sangat mendukung aktivitas belajar di rumah. Sebanyak 80,9 persen masyarakat setuju dengan konsep tersebut. Hanya 17,4 persen masyarakat yang tak setuju.
 
Survei tersebut dilakukan terhadap 1.200 responden di seluruh Indonesia dengan wawancara telepon. Sampel diambil pada 7-17 Mei 2020, dengan metodelogi stratified random sampling. Margin of error dari jajak pendapat ini sebesar 2,89 persen dan confidence level 95 persen.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif