Presiden Joko Widodo/Medcom.id/Desi Anggriani.
Presiden Joko Widodo/Medcom.id/Desi Anggriani.

Pemerintah Siapkan Rp405,1 Triliun untuk Penanggulangan Korona

Nasional Virus Korona presiden jokowi virus corona Stimulus Ekonomi Imbas Korona
Nur Azizah • 31 Maret 2020 16:25
Jakarta: Pemerintah telah menyiapkan Rp405,1 triliun untuk menangani wabah korona (covid-19). Dana ini diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020.
 
Dari total anggaran, Rp75 triliun dialokasikan untuk belanja di bidang kesehatan. Pembelian Alat Pelindung Diri (APD) dan peningkatan alat-alat kesehatan diprioritaskan.
 
"Seperti reagen, ventilator, dan untuk upgrade rumah sakit rujukan termasuk Wisma Atlet," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 31 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Dana Desa Difokuskan untuk Penanganan Korona
 
Anggaran bidang kesehatan termasuk insentif pada dokter, perawat dan tenaga rumah sakit. Berikut santunan kematian untuk tenaga medis yang gugur dalam penanganan virus korona.
 
Pemerintah Siapkan Rp405,1 Triliun untuk Penanggulangan Korona
Grafis/Medcom.id.
 
Selain itu, Rp110 triliun untuk program social safety net. Seperti menangguhkan bunga dan cicilan kendaraan para pekerja informal, penambahan Kartu Prakerja, dan Kartu Sembako Murah.
 
"Lalu, Rp70,1 triliun untuk insentif perpajakan dan stimulus Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta Rp150 triliun dialokasikan untuk pembiayaan program pemulihan ekonomi nasional," kata Jokowi.
 
Alokasi anggaran termasuk restrukturisasi kredit, penjaminan serta pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah. Stimulus itu diharapkan menjaga daya tahan dan memulihkan perekonomian.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif