Ilustrasi ibadah haji/AFP
Ilustrasi ibadah haji/AFP

Kemenag Diminta Kembalikan Uang Calon Jemaah Haji

Nasional haji ibadah haji
Candra Yuri Nuralam • 02 Juni 2020 19:50
Jakarta: Pemerintah diminta mengembalikan uang calon jamaah haji yang batal berangkat tahun ini. Pengembalian uang disebut sebagai bentuk kepastian dari pemerintah.
 
"Saya rasa yang paling penting jemaah yang harusnya berangkat harus dapat kepastian. Uang jemaah dikembalikan ya Pak Menteri Agama, Fachrul Razi," kata Anggota Komisi VIII DPR Selly Andriany Gantina di Jakarta, Selasa 2 Juni 2020.
 
Selly meminta pemerintah sigap mengatur pengembalian uang para calon jamaah. Jangan sampai pengembalian uang ini menjadi masalah baru di tengah wabah virus korona (covid-19).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Skemanya dibuat, dilaporkan juga ke DPR agar bisa dilakukan perbaikan-perbaikan. Jangan main-main ya Pak Menteri Agama kasihan mereka" ujar Selly.
 
Baca:Daftar Haji Tahun Ini Berangkat 2021
 
Menurut dia, pembatalan ibadah haji di tengah wabah virus korona sangat menyakitkan hati para calon jemaah. Sebab mereka sudah menunggu lama untuk melakukan ibadah di tanah suci.
Pemerintah diminta bertanggung jawab mengembalikan hak para calon jemaah.
 
"Hal ini sangat penting agar kita tidak terjebak dalam posisi saling menyalahkan, yang berakibat pada suasana disintegrasi," tutur Selly.
 
Dia berharap pembatalan serupa tak terulang di tahun berikutnya. Selly memahami keterdesakan yang membuat pemerintah membatalkan ibadah suci tahunan itu. Yakni untuk menghindari penyebaran korona saat beribadah di Tanah Suci.
 
"Keselamatan ini yang jadi faktor paling penting," ucap Selly.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif