Kepincut ‘Senayan’

Achmad Zulfikar Fazli, K. Yudha Wirakusuma, Faisal Abdalla 19 Juli 2018 16:13 WIB
calegpemilu serentak 2019
Kepincut ‘Senayan’
Ilustrasi: Gedung DPR. Foto: MI/Susanto.
Jakarta: Sebanyak 16 partai politik telah mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Partai NasDem menjadi partai politik (parpol) pertama yang mendaftarkan bacalegnya. Sementara, 15 parpol mendaftarkan sehari setelahnya.

Di DPR sendiri ada penambahan jumlah daerah pemilihan (dapil). Pada pemilu 2014, dapil berjumlah 77. Sementara di pemilu 2019, dapil tercatat sebanyak 80.

Penambahan jumlah dapil juga berpengaruh terhadap kursi di 'Senayan'. Jika anggota DPR hasil Pemilu 2014 berjumlah 560. Di Pemilu 2019 naik menjadi 575.


Berbagai kalangan pun kepincut untuk dapat duduk di 'Senayan'. Tak terkecuali kalangan artis hingga menteri.

Ada 54 artis yang bakal bertarung memperebutkan kursi sebagai wakil rakyat. NasDem menjadi partai politik terbanyak yang mengusung artis di Pileg 2019. Setidaknya ada 25 nama yang dipercaya NasDem.

Mereka antara lain Syahrul Gunawan, Nurul Qomar, Diana Sastra, Krisna Mukti, dan Lucky Hakim. Kemudian, Olla Ramlan, Farhan, Conny Dio, Della Puspita, Mandra, Tessa Kaunang, Krisna Mukti, dan Okky Asokawati.

Selain itu ada nama Manohara, Adly Fayruz, Lucky Perdana, Krisna Mukti, Cut Meyriska, Jonathan Frizzi, Bertrand Antolin, Annisa Bahar, Nafa Urbach, Vicky Shu, dan Kristina Iswandari.

Sementara itu, PDIP mencalonkan 10 nama dari kalangan artis. Mereka terdiri dari Krisdayanti, Ian Kasela, Jeffry Waworuntu, Harvey Malaiholo, Lita Zein, dan Kirana Larasanti. Selain itu, Chicha Koeswoyo, Iis, Sugianto, dan Angel Karamoyeme.

Partai Demokrat sendiri mengusung dua orang dari kalangan artis, yaitu Dina Lorenza dan Jane Shalimar. Perindo mencalonkan Reza Artamevia, Charly Van Houten, Angel Lelga, dan Andi Arsyil Rahman.

Sedangkan Partai Berkarya memiliki empat bakal calon dari kalangan artis seperti Raslina Rasidin, Donny Kusuma, Annisa Trihapsari, dan Sultan Djorghi.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak mau ketinggalan. Ada tujuh artis yang dicalonkan PKB. Artis tersebut adalah Tommy Kurniawan, Herman gitaris Seventeen, Ivan vokalis Seventeen, Saleh Said Bajuri, Sundari Sukoco, Arzeti Bilbina, dan Zora Vidyanata.

Partai Gerindra memajukan Ahmad Dani. Sementara itu, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengusung caleg dari kalangan musisi yaitu Giring Nidji.

Kalangan artis yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif di Pemilu 2019, tak membuat KPU pusing. KPU percaya parpol yang memajukan artis sudah punya perhitungan sendiri.

"Kita percaya parpol dalam mencalonkan seseorang menjadi bacaleg (bakal calon anggota legislatif) DPR dan DPRD itu semestinya sudah mempertimbangkan banyak hal," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 19 Juli 2018.

Baca: KPU tak Masalah Artis Nyalon

Parpol dianggap sudah mempertimbangkan rekam jejak dan kemampuan artis saat memutuskan mencalonkan mereka. Dia menyerahkan penilaian fenomena artis nyaleg kepada masyarakat sebagai massa pemilih.

Di sisi lain, Wahyu enggan mengomentari tentang kapabilitas para artis yang nyaleg. Dia menegaskan tugas KPU adalah memastikan pencalonan artis itu sesuai aturan main yang berlaku.

Selain artis, Menteri dan juru bicara presiden pun ikut terjun. Ada tujuh menteri yang didaftarkan partainya sebagai bacaleg.

Sebanyak tujuh menteri tersebut yaitu, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo, MenPAN-RB Asman Abnur, dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Juru bicara Presiden, Johan Budi pun ikut nyaleg. Mantan juru bicara KPK ini nyaleg dari PDIP.

Baca: Tujuh Menteri Nyaleg Hanya Cuti ketika Kampanye

Menteri Sekretaris Negara Pratikno meminta para menteri yang nyaleg harus mengikuti perundang-undangan. Hal itu dengan mengambil cuti saat kampanye.

Mereka hanya diberi waktu cuti berkampanye pada akhir pekan atau Sabtu-Minggu. "Tetap kewajibannya sebagai menteri ya jangan mengorbankan," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis, 19 Juli 2018.

Lantas mampu kah kalangan selebritis, menteri, dan juru bicara Presiden bertarung di Pileg 2019, kita tunggu saja.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id