Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Ibu Kota Baru Jamin Kualitas Hidup

Nasional Ibu Kota Baru
Damar Iradat • 06 November 2019 16:32
Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebut ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) harus bebas emisi. Ibu kota baru wajib menjawab keinginan kehidupan kota yang belum ada di Indonesia.
 
Jokowi akan membangun metropolis cerdas di ibu kota baru. Selain terdapat klaster pemerintahan, teknologi, dan inovasi seperti Silicon Valley, Amerika Serikat, ada pula klaster pendidikan, layanan kesehatan, dan wisata kelas dunia.
 
"Memberikan kualitas hidup tertinggi bagi para penghuninya, kota yang bebas emisi, yang ke mana-mana bisa jalan kaki, bisa bersepeda, bisa menggunakan transportasi publik yang bebas emisi," kata Jokowi di pembukaan Indonesia Infrastructure Week di JIExpo, Jakarta, Rabu, 6 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan ibu kota baru harus dinamis dengan harga-harga terjangkau yang menggembirakan. Kota itu berisikan masyarakat majemuk, terbuka, toleran, dan penuh dengan gotong royong.
 
"Inilah bayangan yang ada di benak saya," kata dia.
 
Tidak hanya itu, ibu kota baru juga harus menjadi kota bisnis. Namun, lanjut Jokowi, bisnis atau industri yang berkembang wajib bebas emisi dan mempekerjakan orang-orang bertalenta kelas dunia.
 
Kepala Negara ingin ibu kota baru nantinya menarik diaspora Indonesia untuk pulang kembali ke Indonesia. Di sisi lain, ia berharap ibu kota baru menarik bagi orang-orang hebat dunia untuk tinggal di kota ini.
 
"Hal ini hanya bisa terjadi jika, pertama kota ini menyediakan lapangan kerja yang berkelas," papar mantan Wali Kota Solo itu.
 
Kepala Negara mengumumkan sebagian kawasan Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara menjadi lokasi ibu kota baru. Wilayah ini dianggap minim risiko bencana, seperti banjir, gempa, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi, dan tanah longsor.
 
Selain itu, wilayah ini dianggap strategis karena berada di tengah Indonesia. Kawasan ini juga diapit perkotaan yang sedang berkembang, Balikpapan dan Samarinda. Sejumlah infrastruktur pendukung pun tersedia di wilayah tersebut.
 


 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif