Wakil Presiden Jusuf Kalla - Medcom.id/Dheri Agriesta.
Wakil Presiden Jusuf Kalla - Medcom.id/Dheri Agriesta.

JK: Pemerintah Tidak Melarang Rizieq Pulang

Nasional Rizieq Shihab
Achmad Zulfikar Fazli • 10 Juli 2019 16:17
Jakarta: Pemerintah tak mempermasalahkan bila pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab ingin kembali ke Tanah Air. Selama ini Rizieq urung pulang ke Indonesia karena masih ada masalah.
 
"Habib Rizieq tidak dilarang pulang. Cuma beliau ini masih ada kendala untuk pulang. Ya pemerintah terbuka saja," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2019.
 
JK menyampaikan pemerintah tidak berhak melarang warga negara Indonesia (WNI) yang ingin pulang. Sebaliknya dengan WNI yang ingin ke luar negeri selama tidak dicekal oleh Imigrasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Siapa warga negara Indonesia dicekal kalau masuk? ada enggak? Tidak ada. Apalagi ulama seperti itu. Mana bisa dicekal langsung," ujar dia.
 
Rizieq dikabarkan belum mau kembali ke Tanah Air karena beberapa kasus yang masih berjalan di kepolisian. Di antaranya, kasus dugaan chat seks antara dirinya dengan Firza Husein.
 
JK menilai kasus tersebut sepenuhnya perkara hukum. Dia yakin kepolisian akan bijak dalam menyelesaikan kasus Rizieq.
 
Pada sisi lain, JK menegaskan tidak ada tukar guling pemulangan Rizieq dengan rekonsiliasi antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Dia yakin rekonsiliasi akan terjadi dalam waktu dekat ini.
 
"Kita tunggu saja waktunya, pasti juga ada rekonsiliasi," pungkasnya.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif