Menteri Pertahanan Ryamizard Ryakudu bersama Habib Luthfi bin Yahya usai pembukaan World Sufi Forum. MI/Akhmad Safuan.
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryakudu bersama Habib Luthfi bin Yahya usai pembukaan World Sufi Forum. MI/Akhmad Safuan.

Menhan: Ancaman Khilafah Sudah Terang-terangan

Nasional pancasila
Candra Yuri Nuralam • 08 Mei 2019 10:39
Jakarta: Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu meminta masyarakat tak terpengaruh paham khilafah. Paham itu telah masuk ke ranah pendidikan.
 
"Ancaman khilafah ini sudah terang-terangan ingin mengganti ideologi Pancasila. Ini datang untuk merusak, sudah berjalan di sekolah dan universitas," kata Ryamizard di gedung A.H Nasution Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Mei 2019.
 
Paham khilafah digunakan beberapa kelompok yang ingin memecah belah kesatuan Indonesia. Kelompok tersebut ingin mendirikan negara sendiri dan berpisah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menhan menegaskan pemahan khilafah sangat bertentangan dengan norma yang terkandung dalam Pancasila. Mantan Kepala Staf Angkatan Darat itu tak ingin paham khilafah berkembang di tengah masyarakat.
 
"Pancasila ini harus dilestarikan. Kita tidak bisa biarkan mindset pelajar nantinya berubah. 20 sampai 30 tahun lagi kalau berjalan seperti itu hancur Indonesia, perang," ujar Ryamizard.
 
Baca: Terorisme Berkedok Agama Ancaman Bagi Keutuhan Bangsa
 
Ryamizard meminta Kementerian Pertahanan memutar otak melestarikan Pancasila. Apalagi, ideologi khilafah sudah mulai masuk ke sekolah.
 
"Kita sebagai kementerian pertahanan harus bisa menghentikan itu, kita harus berpikir, berpikir, berpikir untuk tetap membuat ideologi tetap utuh sampai kapan pun," kata Ryamizard.
 
Masyarakat pun diminta aktif membantu pemerintah menentang paham khilafah. Ryamizard tak ingin masyarakat terpengaruh dan menyebarkan ideologi itu.
 
"Jika masuk mindset pemberontakan (khilafah). Selesai sudah," pungkas Menhan.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif