Politikus Partai NasDem, Shanti Ramchand Shamdasani. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra,
Politikus Partai NasDem, Shanti Ramchand Shamdasani. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra,

NasDem: Pertumbuhan Ekonomi 5% Cukup Baik untuk Indonesia

Nasional partai nasdem
Ilham Pratama Putra • 19 Oktober 2019 05:47
Jakarta: Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar tujuh persen hingga akhir 2019. Namun realitasnya, Indonesia hanya mampu tumbuh di angka lima persen.
 
Politikus Partai NasDem, Shanti Ramchand Shamdasani, mengatakan capaian itu tidaklah buruk. Bahkan Shanti merasa senang dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini.
 
"Saya justru happy dengan lima persen. Saya tidak mau Indonesia lebih dari lima persen. Kita negara besar. Gajah besar kan kalau lari samping-sampinnya rubuh," ujar Shanti di Hong Kong Cafe, Jakarta Pusat, 18 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut ahli hukum bisnis internasional itu, angka tujuh persen malah akan membuat kondisi ekonomi Indonesia tidak baik. Dia tidak ingin Indonesia terlalu memaksakan target.
 
"Kita paksakan kita bisa ambruk. Karena apa? Karena kondisi global juga lagi enggak bagus kan. Jangan dipaksakan," kata dia.
 
Shanti bercermin pada pertumbuhan ekonomi di India. Dia tak ingin Indonesia terjebak dalam pertumbuhan ekonomi yang dipaksakan serupa India.
 
"Contohnya India dipaksakan 7,9 persen hasilnya cuma lima persen. Itu karena dipaksakan, dan i dont like force ekonomi. Kita punya kapasitas sekian, kita jalan sekian, jangan dipaksakan," katanya.
 
Bagi dia pertumbuhan ekonomi di bawah pemerintahan Jokowi-JK dapat dikatakan sangat luar biasa. Lebih lanjut tinggal bagaimana pemerintah mengawasi pergerakan pelaku ekonomi, terutama yang bergerak di media daring.
 
"Perkembangan harus tetap berjalan. Pengawasannya harus tetap berjalan. Jadi kalau kita lihat kita harus fokus apa yang harus kita kembangkan sekarang," pungkasnya.

 

(BOW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif