Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri

PDIP Yakin NasDem Konsisten Dukung Pemerintah

Nasional Partai NasDem pks
Cahya Mulyana • 08 November 2019 12:45
Jakarta: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meyakini komitmen Partai NasDem berada dalam barisan partai pengusung pemerintah. Pertemuan elite NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dinilai sebatas silaturahmi.
 
"Ketika Pak Jokowi sudah menanggapi hal tersebut, dialog antartokoh partai merupakan bagian dari tradisi demokrasi kita. Tapi konsistensi menjalankan posisi politik dalam koalisi dan luar pemerintahan sangat penting," ujar Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Gedung Arsip Nasional, Jakarta, Jumat, 8 November 2019.
 
Hasto menilai pertemuan itu sama sekali di luar konteks posisi atau pilihan politik yang telah terbangun selama proses pemilihan presiden. PDI Perjuangan tidak mempersoalkan hubungan antarpartai lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan membangun bangsa perlu solidaritas seluruh elemen bangsa dan perlu mengabaikan sekat pandangan politik. Hasto mengatakan Partai NasDem masih menunjukkan sikap selayaknya mitra koalisi pemerintah.
 
"Tidak ada persfektif menjauh karena berdialog dengan tokoh partai politik lain itu bagian dari tradisi kita. Setiap partai punya posisi politiknya masing-masing dan kami menghormati itu," kata dia.
 
Presiden Joko Widodo tak masalah dengan kemesraan pimpinan Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Pertemuan Surya Paloh dan Sohibul Iman dinilai wajar buat memperkuat silaturahim.
 
"Mungkin Pak Surya Paloh sudah lama kangen enggak ketemu Pak Sohibul Iman ya ketemu saja. Mungkin dengan saya sudah enggak begitu kangen karena sering ketemu. Biasa saja lah engga usah terlalu dibawa ke perasaan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jalan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat, 1 November 2019.
 
Jokowi menilai pertemuan partai koalisi dan oposisi justru memberikan citra positif bagi bangsa Indonesia. Jokowi meminta pertemuan pimpinan NasDem dan PKS tak dikaitkan dengan keretakan koalisi partai pemerintah.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif