Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. Foto: Adin/Medcom.id
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. Foto: Adin/Medcom.id

Menkominfo Ajak Diaspora Pulang

Nasional diaspora indonesia Literasi Digital
MetroTV • 27 November 2019 19:24
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak seluruh mahasiswa Indonesia di Jerman kembali ke Tanah Air. Diaspora diharapkan berkontribusi terhadap pembangunan negeri.
 
"Indonesia tengah mengenjot pembangunan Infrastuktur terutama Infrastruktur digital yang membutuhkan jutaan ahli digital," kata Plate saat bertemu 30 perwakilan mahasiswa dan pelajar Indonesia di Restoran Halal Indonesia di Berlin, Jerman, Selasa malam, 26 November 2019.
 
Plate memaparkan program Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun ekosistem digital. Namun, kata dia, harus ada talenta terbaik yang mampu mengendalikan dan menggunakan infrastruktur yang dibangun pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Digital talent menjadi penting, karena siapa yang akan menggunakan dan berselancar di sana adalah para ahli digital terbaik," ujar dia.
 
Plate mengatakan Indonesia membutuhkan 113 juta digital talenta hingga 2035. Sayangnya, kemampuan menghasilkan ahli digital hanya 104 juta. Ada kekurangan sembilan juta digital talenta yang harus diisi agar terjadi kesimbangan antara permintaan, serta pasokan SDM digital.
 
Menurut Plate, Indonesia merupakan mesin digital di asia tenggara dengan 150 juta pengguna internet aktif. Indonesia juga merupakan negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau.
 
Politikus Partai NasDem itu kembali mengingatkan para diaspora untuk bersama membangun Indonesia, menjelaskan tentang program infrastruktur digital serta pentingnya gerakan literasi digital. Gelar pendidikan yang tinggi perlu diimbangi dengan partisipasi aktif untuk kemajuan Indonesia.(Muhammad Azhar/ Minanty Rochanta/Metro TV)
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif