Anggota Komisi XI DPR Johnny G Plate. Foto: Medcom.id/ M Sholahadhin Azhar
Anggota Komisi XI DPR Johnny G Plate. Foto: Medcom.id/ M Sholahadhin Azhar

Pemindahan Ibu Kota Butuh Dukungan Revisi Undang-Undang

Nasional Ibu Kota Baru
Candra Yuri Nuralam • 30 Agustus 2019 03:00
Jakarta: Anggota Komisi XI DPR Johnny G Plate mengatakan pemindahan ibu kota akan memerlukan revisi beberapa undang-undang. Untuk itu, pemindahan Ibu Kota harus didukung banyak pihak termasuk DPR.
 
"Saya kira yang dilakukan sudah tepat dan waktunya bagi partisipasi publik dan DPR untuk menyiapkan payung hukum utamanya berupa pembuatan undang-undang dan revisi undang-undang terkait termasuk merevisi undang-undang DKI Jakarta sebagai Ibu Kota," kata Johnny saat kepada Medcom.id saat ditemui di Gedung Metro TV, Kedoya, Jakarta Barat, Kamis 29 Agustus 2019.
 
Revisi undang-undang juga bukan hanya dari segi penempatan Ibu Kota. Namun undang-undang yang berkaitan dengan sektor keuangan termasuk lembaga juga perlu diperbaharui.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Undang-undang Bank Indonesia perlu dipebaiki, apakah perlu di Ibu Kota atau tetap di Jakarta, undang-undang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perlu diperbaiki apa harus pindah ke Kalimantan sebagai penajam atau di Jakarta saja sebagai kota bisnis, itu semua perlu disesuaikan," ucap Johnny.
 
Undang-undang daerah pun perlu direvisi. Ibu Kota baru harus jelas dipegang oleh wali kota atau gubernur nantinya.
 
"Di sana nanti undang-undang pemerintah daerah akan diubah juga, bentuk Ibu Kota nanti pemerintahannya ditingkah apa, wali kota atau gubernur provinsi yang akan diubah juga undang-undangnya," tutur Johnny.
 
Sekjen Partai NasDem itu meminta masyarakat turut menyampaikan kritik dan aspirasinya sebagai masukan pemerintah dalam rencana pemindahan Ibu Kota. Setiap komentar bisa menjadi masukan pertimbangan presiden untuk memikirkan dengan matang sistem undang-undang Ibu Kota baru yang sempurna.
 
"Pokoknya marilah seluruh rakyat aktif memberikan masukan dan pandangannya yang konstruktif dalam rangka Ibu Kota negara sehingga Ibu Kota baru bisa hebat, baik dan cocok untuk kebutuhan kita," jelas Johnny.
 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif