Presiden terpilih Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. ANT/Akbar Nugroho.
Presiden terpilih Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. ANT/Akbar Nugroho.

Gerindra akan Membuat Koalisi Jokowi-Ma'ruf Berwarna

Nasional partai gerindra Kabinet Jokowi
Intan Yunelia • 16 Oktober 2019 08:31
Jakarta: Pengamat politik Nation Institute (NSI) Indonesia Yandi Hemawandi mengatakan bergabungnya Partai Gerindra dalam Koalisi Joko Widodo dan Ma'ruf Amin tak sepenuhnya merugikan. Gerindra bisa memberikan warna dalam koalisi.
 
“Gerindra masih bisa menjalankan politik koalisi-kritis. Sesuai ide-ide Prabowo ketika kampanye, beliau dan Gerindra akan kritis terhadap kebijakan-kebijakan yang tidak pro rakyat seperti kebijakan impor dan pinjaman luar negeri,” kata Yandi dilansir Antara, Rabu, 16 Oktober 2019.
 
Yandi mengatakan kemungkinan Gerindra bergabung dengan koalisi semakin kuat. Apalagi, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto telah bertemu sejumlah tokoh penting di koalisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prabowo telah bertemu Presiden terpilih Joko Widodo. Mantan Danjen Kopassus itu juga telah menemui Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.
 
“Jika koalisi pemerintah hari-hari belakangan terasa membuka lebar pintu untuk Gerindra bergabung, ini karena stabilitas politik menjadi pertimbangan dan agenda utama koalisi pemerintah untuk 5 tahun ini,“ujar Yandi.
 
Prabowo Subianto tak henti bergerilya di lingkungan koalisi pemerintah. Setelah Pilpres 2019, Prabowo telah dua kali bertemu Presiden terpilih Joko Widodo. Pertemuan pertama terjadi di Stasiun MRT dan makan siang bersama di FX Senayan, Sabtu 13 Juli 2019.
 
Pertemuan kedua terjadi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 11 Oktober 2019. Dua tokoh sempat membahas kemungkinan Gerindra masuk dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Hanya saja, keputusan itu belum final.
 
Prabowo juga menemui Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Rabu, 24 Juli 2019. Dua tokoh itu bernostalgia dalam pertemuan itu.
 
Prabowo juga sowan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Permata Hijau, Jakarta, Minggu, 13 Oktober 2019. Pertemuan hangat itu membahas sejumlah isu yang berkembang saat ini.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif