Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar. Istimewa.
Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar. Istimewa.

Tiga Syarat Memenangkan Pertempuran Digital

Nasional Kominfo teknologi transformasi digital Muhaimin Iskandar
Juven Martua Sitompul • 21 April 2022 16:03
Jakarta: Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menilai perlu langkah-langkah khusus menghadapi era digital. Ada tiga syarat utama yang harus disiapkan.
 
"Apa yang harus kita siapkan untuk menang dalam pertempuran dunia digital? Setidaknya perlu ada tiga syarat utama," kata Cak Imin dalam acara webinar Ditjen IKP Kominfo bertajuk 'Bermedsos Dengan Cerdas', Kamis, 21 April 2022.
 
Syarat yang pertama, menyiapkan kualitas SDM. Cak Imin menilai kesadaran serta kemampuan dan kapasitas SDM di bidang teknologi perlu di-upgrade secara menyeluruh.
 
"Ini butuh investasi besar dari kita semua. Khususnya, dari pemerintah dan negara, khususnya pada kurikulum kita harus menambah skill di bidang teknologi informasi," ucap dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyebut anggaran pendidikan harus mengarah pada peningkatan kapasitas teknologi informasi. Sehingga, kedepannya melahirkan para pakar dan ahli di bidang digital. Syarat kedua ialah teknologi.
 
"Nah teknologi ini butuh dipersiapkan. APBN dan APBD harus mendorong itu semua, sehingga aksesebel kita mudah, cepat, dan murah. Ini yang sedang saya perjuangkan juga," kata dia.
 
Baca: Persiapkan Generasi Muda untuk Percepatan Transformasi Digital
 
Selain investasi teknologi, kata Cak Imin, penguatan bidang infrastruktur teknologi akan mendorong lahirnya masyarakat yang adaptif dan inovatif. Syarat yang ketiga adalah menyiapkan konten. Konten atau isi ini harus benar memiliki kreativitas yang memadai dan unggul.
 
"Supaya kita tidak menjadi konsumen, melainkan produsen. Termasuk untuk soal seni dan budaya kita harus adaptif," tegas dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif