Ilustrasi korona. Medcom.id
Ilustrasi korona. Medcom.id

Kemendagri: Pemulihan Ekonomi Butuh Upaya Kolaboratif

Nasional Virus Korona kemendagri Pemulihan Ekonomi Nasional Satgas Covid-19 PSBM
Theofilus Ifan Sucipto • 26 Februari 2021 13:27
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengatakan pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi covid-19 butuh upaya kolaboratif. Upaya pemulihan ekonomi harus dimulai dari daerah.
 
“Kolaborasi pemerintah, pemerintah daerah, pelaku usaha, dan kelompok masyarakat sipil penting dalam penanganan pandemi covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional di daerah,” kata Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Sekretariat Jenderal Kemendagri, Heriyandi Roni, dalam keterangan tertulis, Jumat, 26 Februari 2021.
 
Heriyandi menyebut Kemendagri mengeluarkan sejumlah kebijakan dan regulasi bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan hal itu. Salah satunya, Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca: Bappenas Paparkan Proyek Strategis di 2022)
 
“Ini sebagai landasan kebijakan yang diambil daerah dalam menjalankan kewenangannya secara optimal,” papar dia.
 
Skema dalam instruksi tersebut mencakup empat hal. Pertama, fokus dalam penanganan covid-19 dan pembatasan kegiatan masyarakat hingga skala mikro. Kedua, mengadvokasi, mengedukasi, dan menyosialisasikan disiplin protokol kesehatan.
 
Ketiga, mempercepat pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021 untuk menarik minat investor dari dalam dan luar negeri. Keempat, mendukung program vaksinasi covid-19.
 
“Sehingga penanganan pandemi covid-19 yang diikuti dengan pemulihan ekonomi nasional di daerah dapat segera tercapai melalui kolaborasi multipihak tersebut,” terang Heriyandi.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif