Presiden Joko Widodo. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Presiden Joko Widodo. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Jokowi Perintahkan APBN 2021 Segera Dibelanjakan Demi Katrol Ekonomi

Nasional Virus Korona presiden jokowi APBN 2021 Pemulihan Ekonomi Nasional
Nur Azizah • 25 November 2020 11:54
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya segera membelanjakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2021. Alokasi anggaran Rp2.750 triliun dapat mengatrol ekonomi nasional yang terdampak covid-19.
 
"Saat perekonomian masih lesu, belanja pemerintah menjadi penggerak utama roda perekonomian kita. Oleh karena itu APBN 2021 harus segera dibelanjakan untuk menggerakkan ekonomi," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu, 25 November 2020.
 
Jokowi memerintahkan kementerian yang memiliki anggaran lebih besar segera memulai lelang. Begitu juga dengan daerah-daerah dengan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang punya anggaran besar seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kementerian Perhubungan, untuk lakukan lelang sedini mungkin agar bisa menggerakkan ekonomi," terang Jokowi.
 
Baca: Jokowi: APBN 2021 Fokus 4 Hal, Terutama Vaksinasi
 
Kementerian Pertanian juga diminta untuk melakukan lelang mulai Desember 2020. Tujuannya, ekonomi di kuartal pertama 2021 bisa meningkat
 
"Januari harus sudah ada pergerakan karena lelang sudah dilakukan sejak Daftar Isian Anggaran Pelaksana (DIPA) diserahkan," tegas Kepala Negara.
 
Pria kelahiran Solo ini juga mengintruksikan bantuan sosial untuk 2021 tak terlambat. Ia meminta seluruh pimpinan kementerian, lembaga, dan kepala daerah sigap menyalurkan bantuan.
 
"Kita harus bekerja lebih cepat dalam kondisi krisis. Semangat dan auranya berbeda. Sering saya sampaikan, 'pindah channel ke extraordinary'," ujar Jokowi.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif