Presiden Joko Widodo dalam sambutannya terkait Sumpah Pemuda di Jakarta, Rabu, 28 Oktober 2020. Foto: Sekretariat Kepresidenan
Presiden Joko Widodo dalam sambutannya terkait Sumpah Pemuda di Jakarta, Rabu, 28 Oktober 2020. Foto: Sekretariat Kepresidenan

Jokowi Perintahkan Satgas PEN Fokus Cetak Lapangan Pekerjaan

Nasional tenaga kerja presiden jokowi Pemulihan Ekonomi Nasional
Nur Azizah, Theofilus Ifan Sucipto • 23 November 2020 10:31
Jakarta: Presiden Joko Widodo memerintahkan Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (Satgas PEN) fokus pada penyerapan tenaga kerja. Dengan begitu, konsumsi rumah tangga bisa naik dan pertumbuhan ekonomi tergenjot.
 
“Berikan perhatian khusus untuk hal yang berkaitan dengan pembukaan lapangan pekerjaan,” kata Jokowi dalam rapat terbatas laporan Komite Penanganan Covid-19 dan PEN secara virtual di Jakarta, Senin, 23 November 2020.
 
Menurut dia, pekerjaan rumah (PR) pemulihan ekonomi saat ini ialah meningkatkan konsumsi rumah tangga. Satgas PEN juga harus mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk bangkit sehingga lapangan kerja dapat tersedia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Produktivitas Tenaga Kerja Indonesia di Bawah Rata-rata ASEAN
 
Presiden ke-7 Indonesia itu mengapresiasi realisasi anggaran sejumlah program bantuan pemerintah semakin membaik. Salah satunya realisasi subsidi gaji yang sudah mencapai 82 persen dan bantuan presiden (banpres) produktif sebesar 79 persen.
 
“Ini terus didorong agar bisa membantu meningkatkan daya beli masyarakat,” tegas pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961, itu.
 
Jokowi berharap seluruh upaya ini bisa memperbaiki iklim ekonomi Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III 2020 naik menjadi minus 3,49 persen setelah sempat minus 5,32 persen pada kuartal II 2020.
 
“Harus diperbaiki agar kuartal IV lebih baik dari kuartal III,” papar dia.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif