Ilustrasi vaksin virus korona (covid-19). Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi vaksin virus korona (covid-19). Medcom.id/M Rizal

23 Ribu Vaksinator Diberi Pelatihan Khusus Covid-19

Nasional Virus Korona kemenkes vaksin covid-19
Cindy • 26 November 2020 12:24
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus melatih sumber daya manusia (SDM) jelang pelaksanaan vaksinasi covid-19 skala besar. Vaksinasi massal ditargetkan serentak dilakukan pada awal 2021.
 
"Pelatihan masih berlangsung untuk penambahan jumlah vaksinator," kata pelaksana tugas (Plt) Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Budi Hidayat kepada Medcom.id, Kamis, 26 November 2020.
 
Sebanyak 23 ribu vaksinator tengah mengikuti pelatihan khusus vaksinasi covid-19. Kemenkes berupaya memastikan tenaga vaksinator siap kerja saat vaksin covid-19 hadir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Kemenkes memberi pelatihan khusus bagi ratusan ribu tenaga kesehatan untuk vaksinasi massal. Mereka terdiri dari dokter umum, dokter spesialis, perawat, dan bidan.
 
"Ada sekitar 440 ribu (tenaga kesehatan) yang siap bergotong royong mensukseskan persiapan vaksinasi covid-19," ucap Budi.
 
Baca: Jokowi Minta MUI Kawal Vaksinasi Covid-19
 
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mau disuntik vaksin covid-19. Mengutip riset terakhir, Erick menyebut baru 66 persen masyarakat ingin melakukan vaksin.
 
Riset tersebut  juga menemukan 16 persen masyarakat yang tidak mau divaksin. Warga tidak mau divaksin karena mempertanyakan kehalalan vaksin tersebut.
 
Erick menegaskan pemerintah telah menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai otoritas yang menjamin kehalalan vaksin. Sementara itu, kualitas serta keamanan vaksin yang akan digunakan sudah masuk dalam standar WHO dan telah melakukan uji klinis yang diawasi ketat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif