Kepala Daerah Pendukung Jokowi-Ma'ruf akan Didaftarkan ke KPUD

Ilham wibowo 12 September 2018 07:28 WIB
pilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
Kepala Daerah Pendukung Jokowi-Ma'ruf akan Didaftarkan ke KPUD
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Jakarta: Kepala daerah yang menyatakan diri mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf akan mendapat posisi penting dalam tim kampanye di daerah. Kehadiran mereka secara resmi tercatat di Komisi Pemiliham Umum Daerah (KPUD) sebagai bagian dari tim pemenangan. 

Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily, menyebut pendaftaran kepala daerah tersebut bakal dilakukan sebelum masa kampanye berlangsung pada 24 September 2018. Kehadiran kepala daerah dalam kampanye Pilpres 2019 dinilai sah lantaran sebagai jabatan politik serta memenuhi aturan dengan tidak melibatkan aparatur sipil negara dan fasilitas negara. 

"Pada saatnya akan kami sampaikan ke KPUD, mereka tidak bisa kampanye kalau tidak terdaftar, ada kewajiban kami menyampaikan tim kampanye daerah," ujar Ace dalam program Primetime News Metro Tv, Selasa, 11 September 2018. 


Jabatan resmi yang diemban kepala daerah di TKN Jokowi-Ma'ruf dinilai penting untuk memantapkan penggalangan dukungan suara pemilih di daerah. Kepala derah yang baru terpilih maupun petahana bakal menjadi agen sosialisasi pencapaian pemerintahan Presiden Jokowi yang peru kembali dilanjutkan. 

"Mereka diakomodasi secara resmi di dalam tim pemenangan, paling tidak mereka akan ditempatkan misalnya sebagai tim pengarah atau tim penasehat di daerah tersebut. Ini sangat penting karena keberadaan dan kehadiran mereka secara simbolik di dalam tim akan dilihat sejauh mana masyarakat melihat dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf," ungkapnya. 

Kehadiran kepala daerah dalam TKN Jokowi-Ma'ruf juga dinilai penting secara objektif politik dalam progres kemajuan pembangungan. Program pemerintah pusat dapat dikoordinasikan dengan maksimal saat mendapat dukungan pemerintah daerah. Begitu pula sebaliknya dengan program pemerintah daerah yang akan mendapat keuntungan lantaran kesamaan visi pemerintah pusat. 

"Menjadi sangat penting dalam koordinasi, agak suluit kelihatannya kalau kepala daerah berbeda dukungannya dengan pemerintah pusat, banyak program pemerintah daerah butuh dukungan pemerintah pusat. Keberadaan dukungan linier nasional dan daerah harus ada dalam satu tarikan nafas yang sama," ungkapnya. 

Kepala daerah yang kini mantap mendukung Jokowi-Ma'ruf di antaranya Gubernur NTB Tuan Guru Bajang Zainul Majdi (TGB), Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Gubernua Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Kemudian ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba yang juga memberikan diukungan serupa untuk Jokowi-Ma'ruf . 




(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id