Demokrat-PDI Perjuangan Memesrakan Hubungan
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto (kedua dari kanan) dan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah). Foto: Medcom.id/Damar Iradat.
Jakarta: Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto memastikan pertemuannya dengan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto siang ini baru langkah awal. Ke depan, kedua partai akan mengintensifkan pertemuan. 

Agus mengatakan pertemuannya siang ini membahas sejumlah hal terkait Pilpres 2019 dan Pileg 2019. Namun begitu, Agus tak secara eksplisit menyatakan pembicaraan ini adalah penjajakan agar Demokrat untuk masuk ke dalam koalisi pemerintah.

"Ini pastinya masih dalam pembicaraan tahap awal. Mudah-mudahan nanti kita ada sambungan lagi untuk memperkuat silaturahmi dan memperkuat pembicaraan kita sehingga kita punya konstruksi pembicaraan lebih bagus," kata Agus di Kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 13 Juli 2018. 


Dalam pertemuan tadi, baik Agus dan Hasto menyepakati sejumlah hal untuk kemajuan bangsa dan negara. Meski Demokrat dan PDI Perjuangan terlihat berseberangan, tapi visi mereka terhadap kemajuan bangsa tetap sama. 

Menurut dia, kesamaan untuk membangun bangsa dan negara itu yang perlu dirawat. Pertemuan tadi pun adalah momentum penting bagi keduanya.

"Hari ini hal penting dan jadi momentum bagus sehingga saya bisa berada di sini. Pembicaraannya juga penuh keterbukaan," ucap dia. 

Agus juga memastikan akan membalas undangan PDI Perjuangan. Dalam beberapa waktu ke depan, ia memastikan akan mengundang Hasto ke kantor Demokrat.

Hasto menambahkan pada pembicaraannya dengan Agus tadi juga sempat menyinggung soal rencana pertemuan Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketua nonaktif DPP PDI Perjuangan Bidang Politik dan Pemerintahan Puan Maharani. Puan sudah diperintahkan langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menemui AHY.

Baca: PDIP dan Demokrat Jalin Kesepakatan

"Kami membahas rencana pertemuan antara AHY yang ditugaskan oleh Pak SBY untuk membangun silaturahmi dengan PDIP," ujar Hasto.

Sementara itu, terkait peluang Demokrat masuk ke dalam koalisi pendukung Presiden Joko Widodo, hal itu masih akan dibahas secara intensif. Dialog lanjutan akan dilakukan beberapa waktu ke depan.

"Dengan semangat gotong royong tersebut ruang dialog terus kami intensifkan. Selalu ada ruang kerja sama antarparpol, meskipun posisi politik berbeda. Itu pun ada ruang kerja sama," tegas Hasto. 



(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id