Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pembahasan RUU Ciptaker Masih Panjang

Nasional Omnibus Law
Theofilus Ifan Sucipto • 30 Juni 2020 18:22
Jakarta: Pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja (Ciptaker) diprediksi tidak akan rampung pada masa sidang periode ini. Pembahasan RUU itu dinilai masih membutuhkan waktu panjang.
 
“Tidak mungkin (selesai di masa sidang ini), masih panjang prosesnya,” kata Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Supratman Andi Agtas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 30 Juni 2020.
 
Supratman mengatakan DPR baru selesai membahas soal riset dan demokrasi pada RUU Ciptaker. Masih ada bab tiga, empat, sembilan, dan sepuluh dari RUU itu yang belum dibahas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, lanjut dia, ada beberapa klaster yang sudah dibahas. Misalnya bab satu soal ketentuan umum, bab dua soal maksud dan tujuan, bab lima soal usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan koperasi, serta bab tujuh tentang riset dan inovasi.
 
DPR akan membahas soal proyek strategis pemerintah dan kawasan ekonomi khusus pada Rabu, 1 Juli 2020. “Bab tiga dan seterusnya kecuali bab empat klaster tenaga kerja sampai saat ini masih kita tunda,” tutur dia.
 
Baca: Omnibus Law Dinilai Bisa Tarik Kembali Investor Usai Pandemi
 
Supratman mengatakan DPR tidak mau terburu-buru menyelesaikan RUU Ciptaker. Semua tergantung kesepakatan seluruh fraksi dan menyesuaikan waktu untuk membahas RUU tersebut.
 
“Kita tidak ada target walaupun pemerintah menginginkan ada target. Kita realistis,” ujar Supratman.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif