Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat/Medcom.id
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat/Medcom.id

Lestari Moerdijat: Semua Parpol Harus Perjuangkan Pengesahan RUU PKS

Nasional Partai NasDem Antikekerasan Seksual Penegakan Hukum ruu dpr DPR RI RUU PKS kekerasan seksual Lestari Moerdijat
Anggi Tondi Martaon • 28 Juli 2021 17:28
Jakarta: Semua pihak diminta mendukung pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS). Terutama, legislator yang duduk di parlemen.
 
"Dari partai apa pun, apa pun warna bajunya, apa pun warna jaket yang digunakan, ini harus menjadi sebuah perjuangan bersama," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) dalam diskusi virtual Denpasar 12 bertemakan RUU PKS Mewujudkan Kebijakan Berbasis Bukti dalam Proses Legislasi, Rabu, 28 Juli 2021.
 
Hal itu disampaikan bukan tanpa sebab. Menurut dia, para legislator memiliki kewajiban sebagai perwakilan rakyat menghadirkan rasa aman kepada masyarakat, terutama dari ancaman predator seksual.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perjuangan kemanusiaan, perjuangan kita sebagai warga negara, tuk mampu menghadirkan negara Indonesia yang adil, makmur, sejahtera, dan tentunya aman buat kita semua," ungkap dia.
 
Rerie menyebut meski tujuannya baik ternyata pengesahan RUU PKS tak semudah yang dibayangkan. Terdapat tarik menarik kepentingan dalam proses legislasi di DPR.
 
Baca: Prolegnas Prioritas 2021 Diharapkan Jadi Babak Akhir RUU PKS
 
Hal itu pun sangat disayangkan. Kekecewaan tersebut ternyata ditunjukkan sebagian besar masyarakat yang mendukung pengesahan RUU PKS.
 
"Semuanya menyuarakan kegelisahan dari masyarakat yang sangat sulit menghadirkan satu payung perlindungan, khususnya disini perlindungan hukum terhadap berbagai tindakan kekerasan," kata dia.
 
Rerie menegaskan jika RUU PKS tak kunjung disahkan, bakal dianggap sebagai dosa negara ini kepada pendiri bangsa. Sebab, founding fathers mengamanatkan pemberian jaminan keamanan kepada setiap warga negara.
 
"Menghadirkan satu kondisi menjadi tempat yg aman karena aman itu sebetulnya aman adalah kewajiban negara untuk bisa diberikan," ujar dia.
 
Rerie pun mengajak semua lapisan masyarakat membantu mengawasi kinerja parlemen. Sehingga, pengesahan RUU PKS bisa terwujud.
 
"Ini adalah sebuah harapan dan ini sebuah keinginan kita bersama yang harus kita kawal bersama-sama," kata dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif