Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon - Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba.
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon - Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba.

Fadli Zon tak Yakin Koalisi JK-AHY Terwujud

Nasional pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Whisnu Mardiansyah • 29 Juni 2018 12:17
Jakarta: Partai Demokrat mewacanakan menyandingkan Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan Agus Harimurti Yudhoyono di Pilpres 2019. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon tak yakin koalisi JK-AHY bakal terbentuk.
 
Fadli menyebut, saat ini belum ada nama yang bisa menandingi dua kandidat kuda pacu yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Adapun sosok-sosok lain yang bermunculan belum kuat elektabilitasnya dibandingkan dua tokoh itu.
 
"Ya sekarang ini kalau kita melihat dari survei, baik survei internal maupun dari survei-survei yang ada itu hanya ada dua nama yang ada, boleh dibilang di premier league lah. Yaitu Pak Joko Widodo dan Pak Prabowo. Selebihnya mungkin masuk ke kategori divisi 1, divisi 2 gitu," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat, 29 Juni 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fadli menilai sosok JK merupakan negarawan ulung. Wakil Ketua DPR itu tidak yakin JK berambisi berkecimpung lagi di politik. Manuver JK yang berkomunikasi dengan banyak pihak dinilai sah-sah saja agar suasana politik lebih cair.
 
(Baca juga: JK Mengaku Sulit jadi Capres)
 
"Saya kira Pak JK ini bisa jadi rujukan bagi banyak orang. Untuk menjadi semacam negarawan lah," ucap dia.
 
Sosok JK, menurut dia, bisa menjadi king maker. Pengalamannya yang malang melintang di kancah politik nasional masih cukup berpengaruh.
 
"Dengan pengalamannya bisa saja Pak JK bisa menjadi king maker atau sebagai seseorang yang tetap didengar pendapatnya, pengaruhnya," ujar Fadli.
 
Fadli belum tahu apakah kemudian JK menjadwalkan bertemu Prabowo Subianto. Hubungan komunikasi antara JK dan Prabowo, kata Fadli, berjalan baik.
 
"Jadi kalau dibilang mempererat sudah erat juga kok. Baik-baik saja. Belum tahu (ada pertemuan JK-Prabowo)," pungkas dia.
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi