PAN Duga Ada Upaya Menggulingkan Menpan-RB

Whisnu Mardiansyah 14 Agustus 2018 14:12 WIB
reshuffle kabinet
PAN Duga Ada Upaya Menggulingkan Menpan-RB
Wakil Sekretaris Jenderal PAN. Foto: mpr.go.id
Jakarta: Istana tak menampik isu pencopotan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur dari kabinet kerja Jokowi-JK. Hal itu konsekuensi sikap Partai Amanat Nasional (PAN) yang tak mendukung koalisi pemerintah di Pilpres 2019.
 
"Saya yakin Presiden Jokowi masih membutuhkan Pak Asman. Tetapi mungkin lingkaran di sekitarnya bisa saja beliau didesak. Mudah-mudahan keputusannya membawa kebaikan buat semua," kata Wakil Sekretaris Jenderal PAN, Saleh P Daulay saat dihubungi wartawan, Selasa, 14 Agustus 2018.
 
Dia mengklaim kinerja Asman Abnur cukup bagus. Banyak terobosan di sektor reformasi birokrasi telah dibenahinya.
 
"Terobosan reformasi birokrasi yang dilakukan Pak Asman tidak hanya terkait penataan SDM, tetapi juga dalam efisiensi penggunaan anggaran," jelas Shaleh.
 
Namun, ia menyerahkan sepenuhnya perombakan kabinet kepada presiden. Termasuk melakukan pergantian.
 
"Untuk Pak Asman, kita harapkan tidak terpengaruh. Tetap bekerja seperti biasa. Toh bekerja di sana juga bukan untuk kepentingan PAN, tapi kepentingan bangsa secara luas," ujar Shaleh.

Baca: Menteri Asman Abnur Berpeluang Didepak

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, yang juga politikus PAN, masih berada di Kabinet Kerja. Menteri Sekretaris Negara Pratikno memprediksi Asman bakal dicopot.
 
"Jadi ini dari koalisi. Kalau ada pertanyaan apakah akan ada reshuffle dalam waktu dekat, ya mungkin saja. Kita tunggu keputusannya karena ini konsekuensi dari dinamika politik perkoalisian," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 14 Agustus 2018.
 
Pratikno mengaku belum tahu apakah Presiden Joko Widodo akan betul-betul melepas Asman atau tidak. Tapi, dia menyebut peluang pencopotan itu besar.
 
"Ya, kita lihat nantilah. Saya belum tahu keputusannya seperti apa," ucap dia.
 
Dia yakin Jokowi segera menentukan nasib Asman di jajaran kabinet. "Ya, bisa jadi secepatnya (reshuffle)," ujar dia.




(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id