Ilustrasi: Bantuan dana. Foto: MTVN/Mohammad Rizal.
Ilustrasi: Bantuan dana. Foto: MTVN/Mohammad Rizal.

Dana Parpol Dinilai sebagai Dukungan Morel Pemerintah

Nasional parpol
Antara • 30 Agustus 2017 10:31
medcom.id, Jakarta: Peningkatan dana partai politik dinilai sebagai dukungan morel pemerintah kepada parpol. Langkah pemerintah menaikkan dana bantuan parpol dari Rp108 menjadi Rp1.000 per suara sah pun diapresiasi.
 
"Kita tidak melihat besaran atau jumlahnya kenaikan dana parpol tapi ini bentuk atensi pemerintah dan dukungan moril," kata Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan, Rabu 30 Agustus 2017.
 
Menurut dia, dana ini bisa dimanfaatkan sebagai bentuk tanggung jawab parpol untuk menciptakan kader berintegritas. Caranya dengan memberi pendidikan politik kepada masyarakat untuk melahirkan calon pemimpin bangsa yang berkarakter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, Wakil Presiden Jusuf Kalla menganggap wajar adanya penambahan dana bagi partai politik Rp1.000 per suara sah. "Dengan situasi sekarang, biaya politik partai itu makin tinggi, supaya jangan minta macam-macam," kata Kalla di Jakarta, Selasa 29 Agustus 2017.
 
Wapres mengatakan, dana bagi parpol Rp108 sudah berlaku sejak ia menjadi pengurus Partai Golkar. Alhasil, kenaikan dana itu dianggap wajar jika sekarang ditambah.
 
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berharap, dana untuk partai politik sudah dapat dialokasikan di APBD 2018. Dana pun diharapkan bisa disalurkan pada tahun itu juga.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif