G20 Indonesia. Foto: Medcom.id/Desy
G20 Indonesia. Foto: Medcom.id/Desy

Wayang Kulit Menjadi Daya Tarik Sidang Kedua DEWG G20

Arga sumantri • 17 Mei 2022 12:23
Jakarta: Sidang Kedua Kelompok Kerja Ekonomi Digital Group of Twenty atau Digital Economy Working Group (2nd DEWG G20) di Hotel Tentrem, Kota Yogyakarta, menghadirkan kebudayaan khas Yogyakarta, wayang kulit. Delegasi dan tim peliput disuguhkan proses pembuatan wayang kulit di lokasi penyelenggaraan sidang.
 
"Yogyakarta ini kaya nilai sejarah dan kesenian termasuk wayang kulit. Semoga pengunjung bisa menikmatinya," kata seniman pembuat wayang kulit asal Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Abi, dalam keterangan tertulis, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Ia menjelaskan wayang kulit adalah pertunjukan drama dengan boneka pipih yang terbuat dari kulit. Dalam kesenian Indonesia, wayang kulit adalah salah satu yang terkenal di seluruh daerah, bahkan di luar negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertunjukan wayang kulit merupakan keesenian tradisional yang paripurna karena di dalamnya terkandung seni peran, suara, musik, tutur, dan sastra. Kemudian, seni lukis, pahat, dan perlambang.
 
"Setiap boneka dibentuk menjadi karakter perwayangan. Setiap karakter wayang kulit dibuat unik dengan postur dan pakaian khas Indonesia," ujar dia.
 
Sidang kedua DEWG menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Prokes sudah dijalankan sejak kedatangan para delegasi di hotel. Para delegasi dan media peliput melaksanakan tes antigen sebelum memasuki lokasi kegiatan.
 
Baca: 5.685 Sebaran Hoaks Covid-19 Dibasmi Kominfo
 
Selama kegiatan berlangsung, arahan petugas untuk menjaga jarak terus disampaikan Penerapan prokes dilakukan sebagai upaya mencegah dan menekan penyebaran covid-19.
 
G20 telah menempatkan isu digitalisasi sebagai salah satu katalisator utama sumber pertumbuhan ekonomi baru sejak 2016. Pembahasan mengenai pemanfaatan digital terus berlangsung hingga kini, termasuk dalam Presidensi G20 Indonesia yang mengangkat tiga agenda utama yakni arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi energi.
 
Komitmen anggota G20 dalam membahas perkembangan teknologi dan ekonomi digital terwujud pada elevasi DEWG pada Presidensi G20 Italia 2021. Melalui elevasi tersebut, DEWG diberikan untuk memajukan pembahasan ekonomi digital secara lintas sektor dalam mewujudkan ekosistem digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan. 
 
Pada Presidensi G20 Indonesia, Kementerian Kominfo memegang peranan penting dalam melakukan streamlining pembahasan isu transformasi ekonomi berbasis digital oleh working dan engagement groups yang ada.
 
Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba menyatakan Presidensi G20 Indonesia 2022 akan menunjukkan berbagai inisiatif di sektor ekonomi digital sebagai pendukung pembahasan mengenai substansi selama sidang kedua DEWG. Inisiatif-inisiatif tersebut ditampilkan melalui Wall of Indonesia’s Digital Transformation yang diprakarsai para anggota DEWG Industry Task Force.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif