Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara

Sandiaga Beri Rambu Wacana Pemindahan Ibu Kota

Nasional pemindahan ibukota
Fachri Audhia Hafiez • 16 Agustus 2019 13:06
Jakarta: Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno menilai pemindahan ibu kota bukan hal yang urgen. Ia meminta wacana itu dipelajari secara matang
 
"Menurut saya bukan prioritas ya. Kita harus hati-hati kami tidak langsung bilang setuju atau tidak, tapi kami ingin pelajari lebih saksama," ujar Sandiaga di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Sandiaga mengatakan pemindahan ibu kota membutuhkan biaya besar. Pemerintah harus memastikan sumber dana, dampak lapangan pekerjaan, serta kebutuhan telah disiapkan dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena kita khawatir nanti harga properti naik semua di Pulau Kalimantan. Biaya hidup menjadi tidak terjangkau bagi masyarakat di sana. Itu yang jadi fokus kita ke depan. Tapi, saya tidak ingin secara terburu-buru untuk menanggapi, kita ingin pelajari dulu, mungkin bicara dengan beberapa pengamat bagaimana posisi keadaan keuangan kita ke depan," ujar Sandiaga.
 
Baca:Tiga Sumber Dana untuk Pemindahan Ibu Kota
 
Presiden Joko Widodo meminta restu para wakil rakyat untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta saat Pidato Kenegaraan Sidang Tahunan MPR. Wacana pemindahan ibu kota, kata dia, demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Visi Indonesia maju juga bisa diraih dengan proses ini.
 
"Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," kata Jokowi di Ruang Rapat Paripurna MPR, Gedung Nusantara I, Jakarta.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif