Tren Dukungan Jokowi Lebih Baik dari SBY

Achmad Zulfikar Fazli 07 Oktober 2018 16:31 WIB
pilpres 2019
Tren Dukungan Jokowi Lebih Baik dari SBY
Rilis SMRC - Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Jakarta: Tren dukungan pada Joko Widodo dinilai lebih baik dari Susilo Bambang Yudhoyono sebagai calon presiden petahana. Dukungan kepada Jokowi berada di posisi 60,2 persen pada September 2018. 

Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) mencatat dukungan kepada SBY hanya 48,6 persen pada periode yang sama di Pilpres 2009. Saat itu, SBY sebagai petahana berpasangan dengan Boediono melawan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto.

"Jokowi jauh lebih baik trennya (dukungan) pada periode yang sama dengan SBY," kata Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan dalam rilis survei nasional 'Tren Elektabilitas Capres: Pengalaman Menjelang Hari H (2004-2019)' di Kantor SMRC, Jalan Cisadane, Jakarta Pusat, Minggu, 7 Oktober 2018.


Karena itu, Djayadi menilai peluang kemenangan Jokowi sebagai petahana lebih besar. Jokowi juga selalu unggul di berbagai lembaga survei dari lawannya di Pilpres 2019, yakni Prabowo.

"Seorang calon yang selalu unggul dari calon lawannya, cenderung akan menang," ucap dia.

(Baca juga: Survei: 73,4% Puas Kepemimpinan Jokowi)

Namun, Djayadi mengingatkan kubu Jokowi agar tidak cepat puas dengan keunggulan tersebut. Tak tertutup kemungkinan elektabilitas Jokowi bisa tergerus.

Penyebabnya yakni faktor ekonomi, politik serta keamanan. Tingkat keterpilihan Jokowi dinilai akan melemah jika inflasi rendah.

"Jadi tren Jokowi unggul dari Prabowo itu bisa berubah, kalau faktor ekonomi terus berubah," kata dia.

Selain itu, peta perpolitikan juga bisa berubah jika Jokowi melakukan blunder politik. Situasi keamanan juga bisa jadi salah satu faktor menggerus elektabilitas bila tak terjaga dengan baik.

"Itu bisa mengubah (dukungan)," pungkas dia.

(Baca juga: SMRC: Jokowi Unggul Jauh dari Prabowo)
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id