PSI dan Perindo Dicoret dari Daftar Pengusung Jokowi
Jokowi-Ma'ruf di KPU/Medcom.id/Arga Sumantri
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencoret Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Perindo dari daftar partai politik pengusung. Dua partai politik baru itu hanya tercatat sebagai parpol pendukung.

Komisioner KPU Hasyim Asyari menyatakan hanya partai politik yang tercatat sebagai peserta Pemilu 2014 yang bisa mengusung kandidat pada Pilpres 2019.

"Secara formil yang mendaftarkan atau yang mengusulkan adalah partai politik peserta Pemilu 2014. Gabungan parpol yang memenuhi  parliamentary threshold," kata Hasyim di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Agustus 2018.


Ketua Umum PSI Grace Natalie mengaku tak masalah partainya dicoret dari daftar parpol pengusung. Menurut Grace, kebijakan itu hanya mekanisme administrasi.

"Enggak masalah. Jadi kita tercatat sebagai ini UU kalimatnya pengusul. Jadi bersama dengan delapan parpol lain sama-sama pengusul enggak ada masalah," ujar dia.

PSI dan Perindo jadi dua dari sembilan partai koalisi Joko Widodo. Kedua partai itu memang tercatat sebagai baru jadi peserta pemili dan belum memiliki kursi di parlemen.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id