KPU Diminta Tindaklanjuti Putusan 37 Bacaleg Eks Napi

Faisal Abdalla 18 September 2018 23:47 WIB
pemilu serentak 2019
KPU Diminta Tindaklanjuti Putusan 37 Bacaleg Eks Napi
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward Siregar - Medcom.id/Arga Sumantri.
Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera menindaklanjuti putusan sengketa pencalonan bacaleg eks napi pasca Mahkamah Agung (MA) membatalkan Peraturan KPU nomor 20 tahun 2018. Total ada 37 gugatan eks napi yang harus ditindaklanjuti KPU. 

"Yang lolos sengketa itu ada 37 bacaleg," kata Anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 18 September 2018. 

Fritz mengatakan 34 dari 37 eks napi itu merupakan bacaleg anggota DPRD tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Sementara tiga sisanya merupakan bacaleg anggota DPD. 


37 Bacaleg itu, lanjut Fritz, terdiri dari napi korupsi, kejahatan seksual terhadap anak, dan bandar narkoba. 

"Iya 37 itu campur (tiga jenis napi)," tandas Fritz. 

Fritz mengatakan keputusan untuk menindaklanjuti putusan Bawaslu di daerah saat ini berada di tangan KPU. Pasalnya, KPU sudah memiliki dasar hukum untuk memasukan mereka ke dalam daftar calon tetap (DCT), yaitu putusan MA. 

"Hakim sudah putus dan selesai. Sekarang bagaimana tindakan lanjutan putusannya Bawaslu disesuaikan dengan putusan MA. Bola ada di KPU," tukasnya. 

Baca: NasDem Dukung Caleg eks Koruptor Ditandai

Sementara itu, Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan saat ini pihaknya masih mempelajari putusan MA. Namun dia menegaskan KPU akan menindaklanjuti putusan tersebut. 

"Hari ini baru mau kita bahas kan kita baru terima tadi malam salinan putusannya. Hari ini sudah kita gandakan dan dibagikan ke seluruh anggota untuk dipelajari supaya malam ini kita bahas isi keputusannya seperti apa, perintahnya bagaimana, nanti kita tindaklanjuti," tandasnya. 



(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id