Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate (kedua dari kiri) di ABN Cawang, Jaksel, Kamis, 25 Februari 2021. Foto: Medcom.id/Anggi Tondi Martaon
Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate (kedua dari kiri) di ABN Cawang, Jaksel, Kamis, 25 Februari 2021. Foto: Medcom.id/Anggi Tondi Martaon

Konvensi Capres NasDem Dimulai Jika Koalisi Terbentuk

Nasional Partai NasDem bursa capres pemilihan presiden partai politik capres konvensi capres
Anggi Tondi Martaon • 25 Februari 2021 19:33
Jakarta: Partai NasDem mematok syarat khusus penyelenggaraan konvensi calon presiden (capres) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Konvensi terlaksana jika NasDem sudah memiliki koalisi untuk memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) 20 persen suara.
 
"NasDem tidak akan melakukan konvensi apabila tidak mendapatkan tiket (koalisi minimal) sebagai peserta pilpres (pemilihan presiden)," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai NasDem Johnny G Plate di Kantor Akademi Bela Negara (ABN), Cawang, Jakarta, Kamis, 25 Februari 2021.
 
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) itu menyebutkan syarat ini dibuat agar konvensi yang dilakukan tidak sia-sia. Dengan begitu, pemenang konvensi bisa langsung maju dalam kontestasi kepala negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Agar yang lolos konvensi memiliki tiket sebagai capres 2024," ungkap dia.
 
Baca: Alasan NasDem Mendukung Penundaan Revisi UU Pemilu
 
Anggota Komisi XI periode 2014-2019 itu mengakui jika perolehan suara NasDem belum memenuhi ambang batas pencalonan yang diamanatkan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Perolehan suara NasDem di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, yaitu 9,05 persen.
 
Untuk mengatasi kekurangan tersebut, NasDem akan mengajak partai lain menyelenggarakan Konvensi Capres 2024. Sasaran utama, yaitu partai koalisi pemerintah saat ini.
 
"Kami sudah ada rekan-rekan koalisi yang mempunyai visi dan misi yang searah dan sejalan dalam tarikan napas yang sama untuk kepentingan negara," sebut dia.
 
Namun, dia enggan membocorkan partai mana saja yang sudah diajak berkoalisi menyukseskan Konvensi Capres 2024. Hal itu akan disampaikan jika sudah ada kesepakatan, terutama dalam memenuhi syarat presidential threshold 20 persen.
 
"Nanti akan ada saatnya join statement itu dilakukan," ujar dia.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif