Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Kemenag Serahkan Sertifikat Halal Vaksin Covid-19 ke Bio Farma

Nasional mui Virus Korona vaksin covid-19
Fachri Audhia Hafiez • 13 Januari 2021 09:25
Jakarta: Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) menyerahkan sertifikat halal vaksin covid-19 produksi Sinovac ke PT Bio Farma. Penyerahan sertifikat diwakili Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi kepada Direktur Utama PT Bio Farma Honesty Basyir.
 
"Sertifikat halal ini didasarkan atas penetapan kehalalan vaksin yang telah dikeluarkan oleh Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada Senin, 11 Januari 2021," kata Zainut melalui akun YouTube Kemenag RI, Rabu, 13 Januari 2021.
 
Zainut meminta masyarakat untuk mendukung program vaksinasi. Program ini diharapkan membantu Indonesia keluar dari krisis pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kehadiran vaksin ini jadi babak baru perjuangan bangsa Indonesia melawan covid-19," ujar dia.
 
Baca: MUI Keluarkan Fatwa Halal Vaksin Sinovac
 
Kepala BPJPH Sukoso mengatakan proses sertifikasi halal covid-19 ini telah melalui proses yang panjang. Mulai dari pengajuan surat permohonan pendaftaran sertifikat halal PT Bio Farma hingga pendaftaran pada 9 Oktober 2020.
 
Kemudian, dilanjutkan proses pemantauan oleh Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI. Selanjutnya, BPJPH menerbitkan sertifikat halal berdasarkan ketetapan halal dari MUI pada 12 Januari 2021.
 
"Pada 13 Januari ini dilakukan penyerahan sertifikat halal kepada PT Bio Farma Persero," ujar Sukoso.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif