Suasana ibadah umrah perdana selama pandemi covid-19. AFP
Suasana ibadah umrah perdana selama pandemi covid-19. AFP

Kloter Pertama Calon Haji Diperkirakan Berangkat 15 Juni 2021

Nasional kementerian agama ibadah umrah ibadah haji
Fachri Audhia Hafiez • 19 Januari 2021 08:28
Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) tengah merancang persiapan pemberangkatan jemaah haji 2021. Kloter pertama dijadwalkan berangkat pada pertengahan Juni 2021.
 
"Sesuai kalender hijriah dan berdasarkan asumsi haji bisa dilaksanakan dengan normal, perkiraan jadwal pemberangkatan kloter awal jemaah haji tahun 2021 akan mulai dilaksanakan pada 15 Juni 2021," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR yang disiarkan virtual, Senin, 18 Januari 2021.
 
Menurut Yaqut, penyelenggaraan ibadah haji tetap menunggu keputusan Pemerintah Arab Saudi. Kemenag sampai saat ini belum memperoleh kepastian tentang ada tidaknya penyelenggaraan ibadah haji pada 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemerintah Arab Saudi saat ini masih fokus pada penangangan covid-19 di dalam negeri, serta pemantauan penanganan covid-19 pada negara-negara pengirim jemaah haji," ujar dia.
 
Baca: Kemenag Susun Proyeksi Peningkatan Penyelenggaraan Haji dan Umrah 2021
 
Jika berdasarkan proyeksi pemberangkatan haji pada awal Juni 2021, kata Yaqut, pemerintah punya waktu lima bulan untuk melakukan persiapan. Termasuk membahas ongkos haji di masa pandemi covid-19.
 
"Usulan kami untuk memulai pembahasan biaya haji tahun 2021, meskipun informasi mengenai besaran kuota haji masih belum bisa dipastikan," ujar dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif