Ilustrasi. Medcom.id.
Ilustrasi. Medcom.id.

Jokowi Geram Dana Daerah Banyak Mengendap

Nasional apbd presiden jokowi
Nur Azizah • 20 Februari 2020 15:29
Jakarta: Presiden Joko Widodo geram masih banyak dana daerah 2019 mengendap di akun daerah atau Rekening Kas Umum Daerah (RKUD). Ia tak ingin hal itu terulang tahun ini.
 
"Di November dan Oktober 2019 yang lalu, uang yang berada di bank-bank daerah di mana APBD itu disimpan masih di angka Rp220 triliun sehingga tidak memengaruhi ekonomi daerah. Gede banget angka ini," kata Jokowi di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Februari 2020.
 
Jokowi sengaja menyinggung ini di hadapan kepala daerah yang terdiri dari wali kota hingga gubernur. Meski penyerapan anggaran Desember 2019 cenderung meningkat, namun tetap menyisakan hingga Rp110 triliun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagi Jokowi, angka tersebut masih tergolong besar. Duit itu akan lebih bermanfaat bila digunakan untuk kepentingan masyarakat. Barang tentu hal itu membantu pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
 
Jokowi Geram Dana Daerah Banyak Mengendap
Presiden Joko Widodo. Foto: Antara/Wahyu Putro
 
"Jangan sampai dinas keuangannya menyimpan uang di bank sebanyak ini. Jangan ulangi lagi di tahun 2020!" tegas Jokowi.
 
Realitas penyaluran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tumbuh 5 persen secara year on year (yoy) dari tahun sebelumnya yang hanya 2,5 persen. Presiden berharap dana yang telah ditransfer ke daerah digunakan secara maksimal sehingga ikut meningkatkan ekonomi nasional.
 
"Uang yang beredar di masyarakat ini akan memengaruhi pertumbuhan ekonomi di daerah, kabupaten/kota, provinsi, maupun negara kita," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif