Ketua MPR Zulkifli Hasan (Foto:Dok.MPR)
Ketua MPR Zulkifli Hasan (Foto:Dok.MPR)

Kesenjangan Sosial Harus Dibenahi

Nasional berita mpr
Pelangi Karismakristi • 23 Mei 2016 15:37
medcom.id, Jakarta: Saat ini, masih terjadi kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin. Juga kesenjangan antara penduduk Pulau Jawa dan luar Jawa.
 
Menurut Ketua MPR Zulkifli Hasan, hal itu merupakan tantangan bangsa yang harus dibenahi.
 
"Kesenjangan antara Jawa dengan luar Jawa sangat memprihatinkan. Bahkan ada penduduk di luar Jawa tidak memiliki jamban," kata Zulkifli, dalam acara Konvensi Nasional Indonesia Berkemajuan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (23/5/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut Zulkifli mengatakan, setelah 18 tahun reformasi berjalan, banyak keberhasilan yang dicapai seperti otonomi daerah dan demokrasi langsung.
 
Meski demikian, ada yang mengakui bahwa reformasi yang berjalan sudah kebablasan dan tidak sesuai dengan cita-cita Indonesia merdeka. Oleh karena itu, banyak pihak yang menginginkan agar Indonesia kembali berpegang kepada UUD NKRI Tahun 1945.
 
Zulkifli juga menyoroti perihal bangsa ini yang mengalami distorsi dalam demokrasi. Kedaulatan yang seharusnya berada di tangan rakyat menjadi mahal.
 
"Untuk ikut dalam pesta demokrasi diperlukan biaya yang tinggi sehingga memerlukan sponsor. Sponsorlah yang akhirnya menentukan arah demokrasi," kata mantan Menteri Kehutanan itu.
 
Ketua MPR juga menjelaskan bahwa banyak orang yang datang ke MPR untuk memberikan masukan. Di antaranya, ingin ada haluan negara yang mampu menjangkau pembangunan hingga 50 tahun.
 
"Seluruh fraksi di MPR sepakat melakukan tahapan untuk merealiasikan keinginan mewujudkan adanya haluan negara. Saya juga berharap dapat masukan muatan haluan negara dari acara ini," tutur Zulkifli.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif