Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Pemerintah Tak Pernah Mencekal Rizieq

Nasional Rizieq Shihab
Arga sumantri • 12 November 2019 17:40
Jakarta: Anggota Komisi I DPR Effendi Muara Sakti Simbolon menyebut Kementerian Luar Negeri (Kemlu) tak pernah mengurus pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Hal ini merespons isu pencekalan Rizieq di Arab Saudi.
 
"Penjelasan beliau (Menteri Luar Negeri Retno Marsudi) bahwa tidak ada kelembagaan Kemlu dalam hal surat menyurat dan kepentingan terhadap masalah saudara Rizieq," kata Effendi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 12 November 2019.
 
Effendi mengatakan penjelasan ini disampaikan dalam rapat kerja tertutup Komisi I dengan Retno Marsudi. Dalam penyampaiannnya, kata dia, Menlu juga mengatakan kalau pemerintah sedang mencari tahu kebenaran surat pencekalan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena itu kan baru ditunjukkan melalui video ya tentu harus saya lihat secara fisik," ungkap dia.
 
Menurut dia, rapat tertutup saat membahas isu pencekalan Rizieq bukan berarti ada hal yang ditutupi pemerintah. Ia mengaku sengaja menanyakan isu pencekalan untuk membikin terang masalah.
 
"Kementerian luar negeri tidak pernah bersifat dan tidak pernah berurusan tentang saudara habib Rizieq itu yang jadi jawaban beliau," ucap Effendi.
 
Sementara itu, Menlu Retno ogah bicara banyak soal isu pencekalan Rizieq di Arab Saudi. Ia hanya menegaskan pemerintah melalui Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan sedang menyelidiki kebenaran isu tersebut.
 
"Sedang dicari informasi ya. Paspor beliau (Rizieq) masih paspor WNI (warga negara Indonesia)," singkat Retno.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif