Politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo. Foto: Damar Iradat/Medcom.id
Politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo. Foto: Damar Iradat/Medcom.id

Komposisi 55 Persen Profesional di Kabinet Jokowi Dinilai Tepat

Nasional kabinet jokowi
Whisnu Mardiansyah • 15 Agustus 2019 13:26
Jakarta: Ketua DPR Bambang Soesatyo sepakat komposisi 55 pesen profesional dan 45 persen partai politik untuk kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Komposisi itu diyakini bisa merealisasikan semua program, visi, dan misi pemerintahan Jokowi.
 
"Presiden sudah tahu kebutuhan pemerintahannya lima tahun ke depan, maka ia memberikan komposisi pemerintahannya lebih banyak profesional. Menurut saya itu pilihan tepat," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
Dia yakin Jokowi memiliki pertimbangan matang dengan komposisi ini. Termasuk komunikasi dengan partai koalisi untuk nama-nama yang akan masuk struktur kabinet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tinggal beliau yang menentukan dengan hak prerogatif yang dimilikinya menentukan orang-orang sesuai dengan rencana kerja lima tahun ke depan," kata dia.
 
Pria yang akrab disapa Bamsoet itu menilai tak ada yang perlu dikhawatirkan dengan komposisi ini. Terlebih, Jokowi sebagai Kepala Negara memiliki hak prerogatif penuh dalam menentukan pembantunya di pemerintahan.
 
"Presiden sudah mengkalkulasi dampak keputusannya, tugas kita men-support," ucap dia.
 
Baca:Kabinet Jokowi-Ma'ruf Telah Rampung
 
Jokowi mengatakan sebanyak 55 persen menteri yang akan mengisi kabinet 2019-2024 berasal dari kalangan profesional. Saat ini, kata dia, susunan menteri untuk periode keduanya juga telah rampung.
 
"Perkiraan 55 banding 45. Profesional 55 persen, parpol 45 persen," kata Jokowi di Cibubur, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Jokowi mengatakan hal ini juga sudah disampaikan kepada partai politik pendukungnya pada Pilpres 2019. Ia berharap parpol bisa menerima keputusan itu.
 
"Kabinet itu hak prerogatif presiden. Menteri itu adalah hak prerogatif presiden," tegas Jokowi.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif