Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama menteri Kabinet Indonesia Maju. ANT/Puspa Perwitasari.
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama menteri Kabinet Indonesia Maju. ANT/Puspa Perwitasari.

Menteri Ekonomi Kabinet Jokowi Dituntut Lahirkan Terobosan

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf
Intan Yunelia • 23 Oktober 2019 23:09
Jakarta: Presiden Joko Widodo secara resmi telah mengumumkan dan melantik para pembantunya di kabinet siang tadi. Kinerja jajaran menteri ekonomi Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf diharapkan mampu melahirkan terobosan-terobosan baru.
 
Anggota DPR RI, Said Abdullah mengapresiasi komposisi skuad Tim Ekonomi yang merupakan kombinasi kalangan profesional dan politisi. Kombinasi ini pada gilirannya mendorong pertumbuhan ekonomi sesuai dengan visi ekonomi Presiden Jokowi.
 
Tugas utama para menteri ekonomi ini tentu bekerja keras memperbaiki dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.Hal ini yang paling penting mengingat perlambatan ekonomi global sewaktu-waktu berimbas pada ekonomi domestik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Melihat profil Tim Ekonomi Kabinet Jokowi-Ma'ruf 2019-2024 sepertinya perlu kerja keras untuk memperbaiki kondisi ekonomi kita. Sebab, tantangan ekonomi kita tidak hanya datang dari internal tetapi juga eksternal,” kata Said di Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019.
 
Said mengatakan tantangan ekonomi Indonesia ke depan tidaklah mudah. Di antaranya seperti stagnasi pertumbuhan ekonomi diangka 5 persen, rendahnya tax ratio, ancaman defisit perdagangan, defisit neraca transaksi berjalan (CAD) yang terus melebar hingga rentannya pelemahan nilai tukar rupiah.
 
Kondisi ketidakpastian ekonomi global pun turut memengaruhiyang membuat ekspor Indonesia turun. Para pelaku usaha masih menunggu perkembangan perang dagang Tiongkok dan Amerika Serikat terkait kesepakatan damai dagang fase satu pada November nanti.
 
“Semuanya adalah PR yang dihadapi ekonomi Indonesia pemerintah kedepan,” tegasnya.
 
Meski dihadapi dengan berbagai tantangan, Said yakin dan optimis dengan komposisi menteri ekonomi kabinet Jokowi. Butuh soliditas dan kekompakan tim ekonomi dalam mendesain kebijakan ekonomi.
 
DPR sebagai mitra pemerintah akan terus mengawasikebijakan pemerintah di sektor ekonomi. Demi mewujudkan semua visi dan misi presiden Joko Widodo lima tahun ke depan.
 
“Saya berharap, para pembantu Presiden ini memiliki semangat kerja keras, anti korupsi, fokus untuk mensukseskan visi misi Presiden, serta kebijakan yang inovatif. Saya yakin para Menteri bisa memperbaiki kondisi ekonomi yang lebih baik bahkan bisa tumbuh diatas 5 persen,” pungkasnya.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif