Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani

Birokrasi Jangan Alergi terhadap Politik

Media Indonesia • 20 Maret 2022 03:31
Jakarta: Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otda Kemendagri) Akmal Malik mengatakan birokrasi tidak boleh alergi politik. Menurutnya, peran para birokrat adalah memastikan kepentingan rakyat diperjuangkan dalam ruang politik.
 
"Birokrat yang mumpuni harus berani pindah jalur politik untuk memperjuangkan kepentingan rakyat," ungkap Akmal dilansir dari Media Indonesia, Sabtu, 19 Maret 2022.
 
Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Ikatan Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPN IKAPTK) itu mendorong alumni pendidikan tinggi Kepamongprajaan siap terjun ke dunia politik. Ini untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat dalam setiap pengambilan kebijakan publik. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan terjun ke dunia politik bisa menjadi bupati/wali kota, atau menjadi anggota DPR/DPRD. Akmal juga mengingatkan agar tujuan berpolitik harus berbasis pengabdian.
 
Baca: Kepastian Pemilu 2024 Dapat Ditentukan Melalui Anggaran dan PKPU
 
Walikota Ternate M. Tauhid Soleman mengatakan setiap jabatan yang diembannya selalu bersinggungan dengan politik. Mulai dari lurah, hingga sebagai sekretaris daerah (sekda). Saat menjadi sekda, Tauhid mendapatkan kewenangan cukup besar untuk mengambil kebijakan yang berdampak luas terhadap masyarakat.
 
"Di situlah intinya politik, bagaimana kita mengambil kebijakan berbasis kepentingan rakyat," ujar Tauhid.
 
Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin mengatakan menjadi aparatur sipil negara (ASN) tidak menjadi hambatan untuk berpartisipasi dalam berbagai organisasi sosial. Aktif dalam organisasi melatih kepekaan terhadap permasalahan sosial yang ada di masyarakat. 
 
"Selain itu dengan berorganisasi jaringan kita menjadi luas dan kuat," ungkap Ilham.
 
Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir menceritakan panggilan untuk terjun di dunia politik muncul dari keinginan berbuat lebih banyak untuk masyarakat. Hal itu membuatnya berani mengambil keputusan dengan meninggalkan dunia birokrasi yang digelutinya sejak 2004.
 
"Bagi saya politik adalah jalan pengabdian besar," ucap Benny.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif