Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto. (ANT/Muhammad Adimaja)
Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto. (ANT/Muhammad Adimaja)

TGB: Prabowo Menafikan Perjuangan Palestina

Nasional pilpres 2019
M Sholahadhin Azhar • 23 November 2018 22:33
Jakarta: Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi menyayangkan pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto soal Palestina. Menurut dia, Prabowomenutup mata atas perjuangan Palestina karena menyetujui pemindahan Kedutaan Besar Australia dari Tel Aviv ke Yerusalem.
 
"Pernyataan itu menafikan jalinan sejarah perjuangan Palestina yang berkelindan dengan perjuangan bangsa kita," kata Zainul, Jumat, 23 November 2018.
 
Menurutnya, hal ini bukan hanya masalah kedaulatan negara sahabat. Ini merupakan isu kebangsaan sekaligus keumatan yang menjadi perhatian Indonesia. Sedangkan, dengan statemen itu, Prabowo seakan tak peduli dengan Palestina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"(Harusnya) tidak boleh ada statemen yang secara langsung maupun tidak langsung melegalkan kondisi yang ada di Palestina," kata Zainul.
 
Baca:Prabowo Dinilai Kurang Peka soal Palestina
 
Lebih lanjut, ia meminta semua pihak di Indonesia tak terprovokasi oleh penggiringan opini Prabowo. Pernyataan itu tak boleh melemahkan semangat Indonesia memperjuangkan hak Palestina untuk merdeka.
 
Sebab dari segi sejarah, ia menyebut Mufti Besar Syekh Muhammad Amin Husaini dari Palestina yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia. "Artinya kita senasib dan sepenanggungan dengan rakyat Palestina," kata Zainul.
 
Baginya, penjajahan Israel terhadap Palestina adalah wajah buruk kolonialisme yang masih tersisa. Maka penjajahan Israel terhadap Palestina bertentangan dengan nalar kemanusiaan, kebangsaan dan keagamaan Indonesia.
 
Baca:Ucapan Prabowo Merusak Hubungan Indonesia Palestina
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi