Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono. Foto: MTVN/Desi
Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono. Foto: MTVN/Desi

Agung Laksono Nilai Kenaikan Dana Parpol Masih Kurang

Nasional parpol
Astri Novaria • 29 Agustus 2017 17:03
medcom.id, Jakarta: Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Agung Laksono mengapresiasi kebijakan pemerintah yang menaikan dana bantuan partai politik dari Rp108 menjadi Rp1.000 per suara sah. Namun, kenaikan itu dinilai masih kurang.
 
"Saya berharap yang paling baik, dan yang berkecukupan itu di atas Rp1.000. Antara Rp5.000 sampai Rp10.000. Hanya saja punya konsekuensi, harus ada akuntabilitas dan transparansi," kata Agung di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa 29 Agutus 2017
 
Baca: Novanto Sebut Dana Parpol Datangkan Gairah Baru

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, angka Rp1.000 bukan hal baru. Seharusnya, kata Agung, nominalnya lebih besar. "Kalau sekarang tetap Rp 1.000 berartikan dipotong inflasi dan sebagainya malah turun nilainya," kata Agung.
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah menyetujui perubahan dana bantuan partai politik sebesar Rp1.000 per suara sah. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berharap kenaikan anggaran ini diakomodasi dalam APBN 2018.
 
Baca:Kenaikan Dana Parpol untuk Cegah Korupsi
 
Tjahjo memastikan tetap melibatkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk proses audit penggunaan dana parpol. Apalagi, selain batuan dari pemerintah, partai juga memiliki anggaran dari iuran anggota serta sumbangan pihak ketiga.
 

 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif