Abdul Kadir Karding--Medcom.id/Faisal Abdalla
Abdul Kadir Karding--Medcom.id/Faisal Abdalla

Pemerintah Diminta Perbaiki Sistem Penanggulangan Bencana

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Arga sumantri • 26 Desember 2018 12:26
Jakarta: Pemerintah diminta memperbaiki sistem penanggulanagan bencana di Indonesia. Sebab, Indonesia merupakan wilayah yang potensi bencananya tinggi.
 
"Kita mendorong pemerintah agar terus melakukan, memperbaiki, dan membangun sistem penanggulangan kebencanaan di Indonesia," kata Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding kepada Medcom.id, Rabu, 26 Desember 2018.
 
Pernyataan ini merespons musibah tsunami yang terjadi di Selat Sunda. Menurut Karding, masyarakat harus bisa menyikapi musibah itu dengan arif dan bekerja sama menolong para korban.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan mendorong pemerintah segera ada perbaikan, recovery terhadap dampak bencana. Mendoakan mereka (para korban) yang paling penting," ujarnya.
 
Baca: Korban Meninggal Tsunami Selat Sunda jadi 429 Orang
 
Karding menyatakan, masyarakat dan pemerintah harus menyadari kalau Indonesia adalah wilayah yang rawan bencana. Makanya, kesadaran untuk deteksi dini terhadap bencana dan bagaimana menyikapinya harus terus menjadi perhatian.
 
"Dan bagaimana menyiapkan daerah sekitar untuk tempat evakuasi dan (menyiapkan) infrastruktur evakuasi," ucap Ketua DPP PKB itu.
 
Tsunami terjadi di Selat Sunda, Sabtu, 22 Desember 2018. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebut bencana tsunami Selat Sunda mengakibatkan 429 orang meninggal, 1.485 korban luka-luka, 154 orang hilang, dan lebih dari 16 ribu orang mengungsi. Data ini yang tercatat hingga Selasa, 25 Desember 2018.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif