Charta Politika merilis survei terkait Pilpres 2024/Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya/Medcom.id/Theo
Charta Politika merilis survei terkait Pilpres 2024/Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya/Medcom.id/Theo

Survei Pilpres, Golkar-PKB Dianggap Layak Calonkan Ganjar

M Sholahadhin Azhar • 29 November 2022 17:17
Jakarta: Lembaga Survei Charta Politika merilis hasil survei terkait partai yang pantas mengusung Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. PKB dan Golkar dianggap paling layak mengusung Gubernur Jawa Tengah itu.
 
Hal tersebut diketahui melalui survei kepada 398 dari 1.220 responden yang merupakan pemilh Ganjar. Pertanyaan yang diajukan, yakni jika tidak dicalonkan oleh PDIP sebagai calon presiden, sebaiknya Ganjar Pranowo maju sebagai capres melalui dukungan partai apa.
 
"Sebanyak 22,9 persen menyatakan jika Ganjar Pranowo tidak dicalonkan oleh PDIP sebagai calon presiden, sebaiknya maju melalui dukungan Partai Golkar," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam rilis survei di Jakarta, Selasa, 29 November 2022.
 

Baca: Survei: Elektabilitas Partai NasDem Melejit Jadi 6%


Yunarto mengatakan 19,1 persen responden lainnya menyatakan memilih Ganjar Pranowo memilih PKB. Kemudian 12,8 persen responden mendorong Ganjar memilih Partai Gerindra serta 7,8 persen mendorong Ganjar memilih Partai NasDem.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Survei itu juga melibatkan 200 responden yang memilih PDIP dan Ganjar. Sebanyak 54,5 persen responden di antaranya menyatakan tetap memilih PDIP jika Ganjar tidak dicalonkan PDIP sebagai capres.
 
"Sebanyak 31 persen responden pemilih PDIP dan Ganjar Pranowo menyatakan tidak akan memilih PDIP jika Ganjar Pranowo tidak dicalonkan oleh PDIP," ujar Yunarto.
 
Di sisi lain, kata Yunarto, 87,5 persen responden pemilih PDIP dan Ganjar menyatakan tetap memilih Ganjar Pranowo. Meskipun, Ganjar tidak dicalonkan oleh PDIP.
 
Survei Charta Politika dilakukan pada 4-12 November 2022. Wawancara dilakukan terhadap 1.220 responden dengan wawancara tatap muka. Seluruh responden berusia di atas 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih.
 
Pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling (MRS). Survei tersebut memiliki margin of error 2,83 persen.
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif