Kemendagri Belum Terima Izin Sandiaga Maju Cawapres

Juven Martua Sitompul 09 Agustus 2018 18:20 WIB
pilpres 2019
Kemendagri Belum Terima Izin Sandiaga Maju Cawapres
Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono (tengah) bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (9/8). Foto: Antara/Aprilio Akbar
Jakarta: Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri Sumarsono memastikan hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang maju sebagai calon wakil presiden. Sandiaga digadang-gadang bakal maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

"Sampai saat ini setahu saya sebagai Dirjen Otda belum, secara formail saya belum membaca," kata pria yang akrab disapa Soni itu di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, 9 Agustus 2018.

Soni menjelaskan, secara aturan kepala daerah yang maju dalam Pilpres harus meminta izin kepada Presiden melalui Kemendagri. Hal ini berdasarkan Pasal 29 Ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) nomor 32 tahun 2018 yang menyatakan gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota atau wakil wali kota yang akan dicalonkan oleh partai politik peserta pemilu sebagai calon presiden atau calon wakil presiden harus meminta izin kepada presiden.


"Kalimatnya melalui menteri dalam negeri, nanti menteri dalam negeri kan secara teknis kan pasti Dirjen Otda," ujarnya.

Baca: Sandi Wajib Mengantongi Izin Presiden

Untuk itu, Soni meminta Sandiaga segera melapor ke Kemendagri jika memang maju sebagai cawapres pada Pilpres 2019 nanti. Sandiaga bisa melapor atau meminta izin setelah atau sebelum ditetapkan sebagai calon oleh KPU.

"Yang penting ada lapor soal sebelum setelah enggak masalah, itu soal etika saja, soal etika administrasi saja," pungkasnya.





(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id